Pengembangan Media Belajar Mandiri Matematika Materi Segitiga dan Segiempat Berbasis Android

Herfani Setiawan, Muhammad Rizki Zulkarnain, Dina Afriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar mandiri berbasis android yang layak digunakan pada mata pelajaran Matematika materi Segitiga dan Segiempat di kelas VII untuk dapat menarik mibat siswa dalam mempelajari materi tersebut. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 5 tahapan, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba dan evaluasi serta produk akhir dan penyebaran. Hasil dari penelitian ini adalah media belajar mandiri pada mata pelajaran Matematika materi Segitiga dan Segiempat yang berupa aplikasi android dengan format apk. Berdasarkan penilaian kelayakan dari ahli media, ahli materi, hasil uji coba perorangan, dan hasil uji coba lapangan, media termasuk dalam ketegori sangat layak. Jadi, media belajar mandiri berbasis android pada mata pelajaran Matematika materi Segitiga dan Segiempat yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.29258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id