Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Menggunakan Four-Tier Test

Nur Azizah, Bambang Priyo Darminto, Puji Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa SMA Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Gombong pada materi turunan fungsi aljabar untuk mengetahui penyebab miskonsepsi yang dialami siswa SMA kelas XI pada materi turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa pada kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan four-tier test, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mengalami miskonsepsi positif pada definisi turunan fungsi aljabar. Siswa berkemampuan sedang mengalami miskonsepsi positif pada definisi turunan fungsi aljabar dan penerapan hubungan antar konsep. Siswa berkemampuan rendah mengalami miskonsepsi pada unsur-unsur dalam suatu konsep turunan dan miskonsepsi positif pada definisi turunan aljabar. Penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa berkemampuan tinggi, yaitu prakonsepsi (konsep awal) yang masih lemah dan kurangnya melakukan latihan soal yang sejenis. Sedangkan penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa berkemampuan sedang dan rendah, yaitu prakonsepsi (konsep awal) siswa yang masih lemah, siswa kurang melakukan latihan soal yang sejenis, dan siswa kurang aktif bertanya kepada guru.


Keywords


Miskonsepsi Matematika, Four-Tier Diagnostic Test, Turunan Fungsi Aljabar.

Full Text:

PDF

References


Akmali, A. 2018. Konstruksi Four-tier test Untuk Mengidentifikasi Level dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Kalor. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 2, Nomor 2, November 2018, Halaman 274-284.

Bayrak, B. K. 2013. Using Two-Tier Test to Identify Primary Student’s Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base. 3(2), 19–26.

Churchill & Daniel. 2017. Digital Resources for Learning. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.

Das Salirawati. 2011. Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kimia pada Peserta Didik SMA (Lutfia Afifaatul Ainiyah, 2016). Disertasi. PPsUNY. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/view/681

Dzulfikar, A., & Vitantri, C. 2017. Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41-48.

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & Mc Dermott, L. C. 2015. A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Student’s Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Sciences & Technology Education, 989-1008.

Herutomo. 2017. Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (1), November 2017 p-ISSN 2581-2998, e-ISSN 2581-2629

Mulyani, Santosa, & Pamungkas. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Tes Four-Tier pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika (WILANGAN) Vol. 1, No. 1, Maret 2020. 76-83.

Utami & Rizki. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii-C Smp Negeri 13 Malang. JPM:Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 03, No.01, Februari 2017, pp.37-44.

Zaleha, Samsudin, A., Nugraha M. G. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four Tier test pada Konsep Getaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK).

Zulifah, Himatul Alif. 2018. Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Lingkaran Kelas VIII Mts Sabilul Ulum Tahun Ajaran 2017/2018 Dengan Menggunakan Uji Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat. Skripsi. Semarang: Program Studi Pendidikan Matemtika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.28873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id