PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING

Sonny Rohimat

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menyikapi kebijakan belajar dari rumah dengan cara membuat media pembelajaran interaktif berbasis elektronik. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan dua tahap utama, yaitu pembuatan media pembelajaran  interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash Professional 8, serta pembelajaran kimia secara daring dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut. Rancangan media pembelajaran ini terdiri dari tujuh halaman utama dengan masing-masing halaman akan disimpan dalam sebuah scene. Tampilan awal media pembelajaran diisi dengan scene loading dan scene menu, halaman utama terdiri atas scene tujuan, scene materi, dan scene evaluasi, serta bagian akhir media pembelajaran terdiri atas scene keluar dan scene ending. Pembuatan media pembelajaran dilakukan dengan cara memasang aplikasi Macromedia Flash Professional 8 pada laptop serta menyiapkan berbagai konten berupa tulisan, gambar, tombol, serta  file suara  yang akan digunakan. Langkah berikutnya adalah pembuatan scene, pengisian konten, dan publikasi. Tahap kedua adalah pemanfaatan media pembelajaran yang telah dibuat melalui pembelajaran secara mandiri dengan menggunakan komputer atau ponsel android.

Keywords


media pembelajaran interaktif; Macromedia Flash; unsur golongan utama; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Amanah, S. (2016). Modul Guru Pembelajar Kimia SMA Kelompok Kompetensi E. Bandung: PPPPTK IPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Bantul: Samudera Biru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Nomor 36962//MPK.A/HK/2020 Perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19). Jakarta, Indonesia.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. doi: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Matsun, Darmawan, H., & Fitriyanti, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 30-40. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.25861

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Permana, R. A., & Sahara, S. (2019). Metode Support Vector Machine Sebagai Penentu Kelulusan Mahasiswa. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 7(1), 50-58. doi: https://doi.org/10.31294/jki.v7i1.5743

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, E. B., & Senam. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer Dengan Program Macromedia Flash 8. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 143-156. doi: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7604

Tasril, V., & Putri, R. E. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1), 21-26. Retrivied from: http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/96




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.20429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id