PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Aprian Subhananto, Shadilla Rusali

Abstract


Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan penerapan realistic mathematics education materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD, dan menganalisis peningkatan hasil belajar materi pecahan siswa SD dengan menggunakan realistic mathematics education. Adapun yang melandasi dilakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Siswa cenderung pasif ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas, dimana siswa hanya menghafal penjelasan guru, tanpa mengerti mengenai konsep dari materi yang diajarkan, sehingga kebanyakan siswa kurang memahami materi yang di ajarkan. Dalam proses pembelajaran masih terlalu didominasi oleh peran guru. Guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik sehingga mengakibatkan kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang berakibat kepada rendahnya hasil belajar yang siswa peroleh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan objek penelitian adalah siswa SD N 19 Banda Aceh.


Keywords


Realistic Mathematic Education; Pecahan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abramovich, Sergei., Grinshpan, Arcadii Z., & Milligan, David L. (2019). Teaching Mathematics through Concept Motivation and Action Learning. Hindawi Education Research International 34(7). Hal. 827- 843.

Anggari, Angi St. (2017). Selalu Berhemat Energi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Brito, Luciana Pereira., Almeida, Leandro Silva, & Osório, António José Meneses. (2020). Reasoning Abilities and Learning Math: A Möbius Strip?. International Electronic Journal Of Mathematics Education 15(2). Hal. 1-12.

Dreher, John H. (2020). Descartes on Mathematical Reasoning and the Truth Principle. Open Journal of Philosophy 10(3). Hal. 388-410.

Gultom, Antonius., Pasaribu, Ledy Misnatalia., dan Gultom, Anita Chintia Inggri. (2021). Analysis of Circular Number 4 of 2020 on Implementation of Education Policy in Emergency During Covid-19 Spread. Innovative Technologica: Methodical Research Journal 2(1). Hal. 17-27.

Ifunanya, Ubah. (2021). The impact of different approaches to the teaching of Grade 5 fraction by three experienced teachers. South African Journal of Childhood Education 11(1). Hal. 1-14

Janiola, Fe R. (2020). The Readiness of Mathematics Teachers in Teaching K-12: The Spiral Approach. Journal of World Englishes and Educational Practices (JWEEP) 2(2). Hal. 113-116.

Li, Y., Schoenfeld, A.H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given†in STEM education. International Journal of STEM Education 6(44). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0197-9

Punzalan, Jovita F. (2018). The Impact of Visual Arts in Students’ Academic Performance 6(7). Hal. 121-130.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.20423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id