PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK MENGGUNAKAN SMAN SIX LEARNING SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MAPEL BIOLOGI

Listya Huriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X MIPA 4 melalui penerapan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik yang diintegrasikan dengan penggunaan SMAN Six Learning System sebagai media belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dengan menggunakan SMAN Six Learning System pada mata pelajaran Biologi terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil aktifitas belajar siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 76,6 (cukup) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90 (sangat baik). Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman adalah 75,13 (baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman 72,22% (cukup) kemudian meningkat pada siklus II nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 88,19 (sangat baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman 94,44% (sangat baik).

Keywords


Isu Sosiosaintifik, SMAN Six Learning System, Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Abdul Majid, 2013. Mendidik dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriono, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anas Sadijono, 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aswan Zain, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimiyati dan Mujiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitri Yuliawati, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Ivor K Davies, 2008. Pegelolaan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Khusnun Niati, 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Sudjana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto, 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaliasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Ali Rahman, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.

S. Nasution, 2004. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara

Subana, Moersetyo Rahadi dan Sudraja, 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dkk, 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto, 2013. Model Pembelajaan Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan

Implementasinya pada KTSP (Jakarta: Kencana, 2009), 241.

Wowo Sunaryo K, 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id