Local Wisdom dalam Pemikiran Kyai Sholeh Darat: Telaah Terhadap Kitab Fiqh Majmu'at al-Shari'ah al-Kafiyah li al-'Awam

Agus Irfan*  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Studi karya para Ulama Nusantara di Indonesia menunjukkan dinamika yang signifikan. Penemuan unsur lokalitas (kearifan lokal) di masing-masing karya Ulama Nusantara menunjukkan bahwa aspek kepulauan Nusantara mempengaruhi karya intelektualnya. Buku Fiqih dengan judul Majmu'at as- Shari'ah al-Kafiyah li al-'Awam adalah karya Kiai Sholeh Darat. Buku tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa Jawa pada akhir abad 19, dan karyanya jelas menunjukkan elemen yang sangat menonjol dari wilayah ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis terhadap buku Majmu'at as- Shari'ah al-Kafiyah li al-'Awam dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal ini, diharapkan masyarakat bisa memahami dan lebih mudah mengikuti pesan dari buku tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui bahwa aspek kearifan lokal dalam buku Majmu'at as- Shari'ah al-Kafiyah li al-'Awam muncul dalam hal-hal seperti penampilan, bahasa dan penjelasan. Dalam penafsiran dan bahasa, Kiai Sholeh Darat menggunakan naskah pegon, sebuah bentuk keaksaraan yang sangat umum digunakan oleh masyarakat Muslim tradisional, terutama di wilayah Jawa saat itu. Sementara itu, Kiai Sholeh Darat sering mengomentari masalah masalah Dayang Memule dengan penawaran (sajen), Perhitungan pasaran, Nyahur Tanah, Ukuran Timbangan (untuk Zakat) dan lain-lain.

Keywords: Lokal Wisdom, Kiai Sholeh Darat, Majmu'at

  1. Buku
  2. Al-Samarani, Syaikh Haji Muhammad Sholih ibn ‘Umar. 1347 H. Majmu’at al-Syari’at al-Kafiyat li al-‘Awam. Semarang: Toha Putra.
  3. Azra, Azyumardi. 2003. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan NusantaraAbad XVII dan XVIII. Jakarta: Kencana.
  4. Bizawie, Zainul Milal. 2016. Masterpiece Islam Nusantara: Sanad dan Jejaring Ulama Santri (1830 – 1945). Tangerang Selatan: Pustaka Compas.
  5. Irawan, Bagus, et. al (editor). 2016. Biografi Kiai Sholeh Darat, dalam Syarah Al-Hikam karya Kiai Sholeh Darat. Depok: Penerbit Sahifa.
  6. Johns, A. H.. 1989. Islam di Dunia Melayu, dalam Azyumardi Azra (ed), Perspektif Islam di Asia Tenggara. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
  7. Matuki HS dan M. Isham El Saha (editor). 2003. Intelektualisme Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
  8. Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Saasin.
  9. Salim, Abdullah. 1995. Majmu’at as- Syari’at al-Kafiyat li al-‘Awam Karya Kiai Sholeh Darat: Suatu Kajian Terhadap Kitab Fiqh Berbahasa Jawa Akhi Abad 19. Semarang : Unissula Press.
  10. Jurnal
  11. Aziz, Munawir. “Produksi Wacana Syiar Islam dalam Kitab Pegon Kiai Sholeh Darat Semarang dan Kiai Bisri Mustofa Rembangâ€. Jurnal Afkaruna. Vol.9 No.2 Juli – Desember 2013.
  12. Baidowi, Ahmad. “Aspek lokalitas Tafsir Al-Iklil Fi Ma’ani Al-Tanzilâ€. NUN : Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir di Nusantara, Vol. 1, No. 1, 2015.
  13. Saenong, Farid F. “Vernacularization of The Qur’an: Tantangan dan Prospek Tafsir Al-Qur’an di Indonesia,†interview dengan Prof. A.H. Johns, Jakarta: Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol. 1, No. 3, 2006.

Open Access Copyright (c) 2017 Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ULUL ALBAB: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam
Published by Department of Sharia, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Jl. Kaligawe Ray KM. 4 Semarang, Indonesia
Phone: +62 821-4499-8600
Website: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ua
Email: jurnalululalbab@unissula.ac.id

ULUL ALBAB stats

ISSN: 2597-6168 (Print)
ISSN: 2597-6176 (Online)
DOI : 10.30659/jua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps