ANALISIS KESESUAIAN MATERI IPA DALAM BUKU SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD/MI DENGAN KURIKULUM 2013

Teguh Yunianto

Abstract


Kurikulum 2013, pada materi pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar/Madrsah Ibtidaiyah ditata dalam bentuk pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema atau sering disebut tematik terpadu, walaupun demikian, materi yang diajarkan tidak boleh terlepas dari rancangan materi dari masing-masing muatan. Adapun materi tersebut telah tersedia didalam buku siswa itu sendiri, sedangkan pada proses pembelajaran terdapat pada buku pegangan guru. Buku memiliki fungsi yang berarti dalam terlaksananya proses belajar mengajar, yakni sebagai perantara antar peserta didik, pendidik, dan kurikulum yang menyeluruh. Bahan ajar berbentuk buku sendiri adalah suatu aspek pendukung pada memilih untuk memastikan keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Sejalan bersamanya terus berubahnya kurikulum, bahan ajar berupa buku juga mengalami suatu inovasi dalam memenuhi kebutuhan guna membantu pengetahuan peserta didik ketika proses belajar. Pada penelitian ini memiliki tujuan berupa mengkaji kesesuain materi IPA dalam bahan  ajar berupa buku kelas IV semester 1 pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji suatu buku teks, dimana dilakukan dengan cara mendeskripsikan tujuan yang telah direncanakan. Penelitian ini menggunakan dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Hasil dari analisis menegaskan bahwasannya materi IPA yang ada pada buku siswa kelas IV SD/MI memiliki kesesuaian dengan kurikulum 2013.

 

Kata kunci: Materi IPA Kelas IV Analisis


Keywords


materi IPA, kelas IV, analisis

References


AM, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35–46.

Andari, T., Lusiana, R., & Suherman, S. (2020). Teaching Material Topology: Development in Metacognitive Ability Tri Andari, Restu Lusiana and Suherman. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012021.

Estiningtyas, N. N. (2015). Analisis Kesesuian Buku Ajar Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD dengan Kurikulum 2013. Trihayu, 1(3).

Fairuz, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Informasi Siswa SMP Pada Tema Interaksi Cahaya dengan Organisme. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fairuz, T. (2019). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Ajar Kelas V SD/MI Dengan Kurikulum 2013. MUBTADA, 2(2).

Farida, F., Suherman, S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28.

Gumanti, A. A. M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 393–399.

Gusviani, E. (2016). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96–106.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.

Huda, S., Komarudin, K., Suherman, S., Syazali, M., & Umam, R. (2020). The Effectiveness of Al-Qurun Teaching Model (ATM) Viewed from Gender Differences: The Impact on Mathematical Problem-Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012001.

Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Indriasari, B. A. (2018). Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema “Pahlawanku†Subtema “Perjuangan Para Pahlawan.†SCHOLASTICA JOURNAL: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 1(1).

Kamandoko, K., & Suherman, S. (2017). Profil Intuisi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 5(1), 1–8.

Karli, H. (2015). Penerapan pembelajaran tematik SD di Indonesia. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan SK Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meerbaum-Salant, O., Armoni, M., & Ben-Ari, M. (2013). Learning computer science concepts with scratch. Computer Science Education, 23(3), 239–264.

Mujib, Mardiyah, Suherman, M, R. R., Andriani, S., Suyitno, H., Sukestiyarno, & Junaidi, I. (2019). The Application of Differential Equation of Verhulst Population Model on Estimation of Bandar Lampung Population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012017.

Nendi, F. (2017). Implementasi Pembelajaran Memperkuat Pendidikan Karakter Bangsa. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 221–230.

Nova, N., & Habudin, H. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(01), 111–130.

Pendidikan, M. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pramana, N. M. G., Sriasih, S. A. P., & Gunatama, G. (2019). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas Vii Dengan Karakteristik Siswa Kelas Vii A7 Di Smpn 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20238.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, M. I. S. (2018). Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Nested untuk Meningkatkan Respon Belajar Mahasiswa Unipdu Jombang. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 93–113.

Rany, W., Suherman, S., Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding Mathematical Concept: The Effect Of Savi Learning Model With Probing-Prompting Techniques Viewed From Self-Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012060.

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for indonesian golden years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165.

Shawmi, A. N. (2016). Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Kurikulum 2013. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121–144.

Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin, A. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012027.

Suherman, S., Suharno, A. S., & Istihana, I. (2019). ALQURAN TEACHING MODEL: THE EFFECT OF PROBLEM SOLVING ABILITY AND GENDER ON MATHEMATICS. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 3(1), 13–26.

Tansliova, L. (2018). Nilai–nilai Karakter Bangsa pada Novel “Ranah 3 Warna†dan “Rantau 1 Muara†Karya Ahmad Fuadi serta kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172.

Yasin, M., Huda, S., Komarudin, S., Suherman, S., Septiana, R., & Palupi, E. K. (2020). Mathematical Critical Thinking Ability: The Effect of Scramble Learning Model assisted by Prezi in Islamic School. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012007.

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder: Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127.

Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.1-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id