PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD N 4 TANGGUNG KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Burhanah Farida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Tanggung, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Tanggung sebanyak 10 siswa terdiri dari laki-laki 5 siswa dan perempuan 5 siswa. Rancangan penelitian tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral yang terdiri dari 3 tahap yakni rencana tindakan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Bentuk tes berupa soal pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan bentuk non tes adalah observasi dan portopolio. Indikator keberhasilannya yaitu hasil belajar di atas KKM dicapai oleh lebih dari 70% dari jumlah seluruh siswa kelas IV.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA yang dicapai melalui strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas IV SD N 4 Tanggung semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan hasil belajar tersebut dilihat dari Penilaian hasil belajar melalui tes dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2.  Pada siklus 2 dapat mencapai indikator yang diharapkan yaitu > 70% dari jumlah seluruh siswa mendapat nilai ≥58 (KKM=58). Bahkan dari penelitian tindakan ini mencapai 90% dari jumlah seluruh siswa mendapat nilai ≥58. Penilaian proses belajar melalui pengamatan percobaan, diskusi, dan presentasi dari siklus 1 dan siklus 2.


Keywords


strategi pembelajaran inkuiri; hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas