PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBASIS CD PEMBELAJARAN

Ferry Aristya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model kooperatif tipe NHT berbasis CD Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada kelas III di SDN Jetiskarangpung 1 Sragen. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa SDN Jetiskarangpung 1 Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus 1 mendapatkan skor 23 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 26 dengan kriteria baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 30 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mendapatkan skor 19 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 24 dengan kriteria cukup, pada siklus ke 3 mendapat skor 28 dengan kriteria baik, dan hasil belajar siswa siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 52 %, siklus 2 sebesar 71 dengan kriteria ketuntasan klasikal 68 %, dan siklus 3 mendapatkan rata-rata sebesar 76 dengan kriteria ketuntasan 88 %. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran NHT berbasis CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jetiskarangpung 1 Sragen.


Keywords


Kualitas Pembelajaran PKn; NHT; CD pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.142-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id