PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD

Kurnia Puspita Sari, Neviyarni S, Irdamurni Irdamurni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kreativitas dan konsep diri anak SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research), sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menelaah dan/atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen serta sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini adalah dalam dunia pendidikan kreativitas merupakan hal yang sangat penting, karena itulah pengembangan kreativitas sebaiknya dilakukan sejak usia SD. Kreativitas merupakan pengalaman dalam mengekspresikan serta mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk yang terpadu baik hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan dengan orang lain. Kreativitas erat kaitannya dengan konsep diri. Konsep diri yaitu penilaian tentang kepantasan diri pribadi dinyatakan dalam bentuk sikap mengenai dirinya. Guru harus memahami komponen yang dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri serta kreativitas pada diri anak agar perkembangannya dapat berjalan optimal, tentunya hal tersebut tidak luput dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.


Keywords


kreativitas, konsep diri, anak SD

References


Anissa, Nova, and Agustin Handayani. 2012. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Istri Yang Tinggal Bersama Keluarga Suami.” Jurnal Psikologi Pitutur 1(1): 57–67.

Budiarti, Yesi. 2015. “Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3(1).

Harjasuganda, Djukanda. 2008. “Pengembangan Konsep Diri Yang Positif Pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) Dalam Proses Pembelajaran Penjas.” Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 9(8): 4–5. http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_9-April_2008/Pengembangan_Konsep_Diri_yang_Positif_pada_Siswa_SD_Sebagai_Dampak_Penerapan_Umpan_Balik_(Feedback)_dalam_Proses_Pembelajaran_Penjas.pdf.

Muawanah, Lis Binti. 2012. “KEMATANGAN EMOSI, KONSEP DIRI DAN KENAKALAN REMAJA.” Jurnal Persona 1(1): 6–14.

Munandar, Haris. 2015. “Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis.” 03(01): 27–37.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Pambudi, Prabawati Setyo. 2012. “Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan.” JURNAL NURSING STUDIES 1(1): 149–56.

Rachmadtullah, Reza. 2015. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 6(2): 287.

Suherman, Ayi. 2010. “Model Pembelajaran Pakem Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11(1): 131–41.

Surna, I Nyoman. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Zed, Mestika. 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: [email protected]