PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARAK DAN KECEPATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI PANDEANLAMPER 03 SEMARANG

Dwi Wahyuningsih* Muhamad Afandi**

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika Materi
Jarak dan Kecepatan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SD
Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pandeanlamper
03 Semarang yang berjumlah 39 siswa. Terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi, angket motivasi,
lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya secara deskriptif
kualitati dipersentasekan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditandai dengan
siswa yang sebelumnya pasif dalam proses pembelajaran menjadi aktif dalam pembelajaran. Selain
itu siswa yang sebelumnya tidak memperhatikan guru menjadi memperhatikan guru pada saat
proses pembelajaran. Berdasarkan angket minat belajar siswa pada siklus I dengan skor 1354 dan
presentase 75,18 % sedangkan pada siklus II dengan skor 1392 dan prosentase 82,40% termasuk
dalam criteria minat belajar yang baik. Selain minat belajar siswa yang meningkat, pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dan siklus II. Prestasi belajar siswa dapat
dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,9 dan ketuntasan belajar
60,52 %, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 89,5 dan ketuntasan belajar
92,10 %


Keywords


Minat, Prestasi Belajar; Matematika; dan Kooperatif STAD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.117-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id