HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SD DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Sapto Armin Wibowo

Abstract


Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), guru/tenaga kependidikan sebagai profesi menyandang persyaratan tertentu sebagaimana tertuang di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, seorang guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan tertentu, yang erat kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia melalui
sektor pendidikan, oleh karena itu perlu upaya-upaya untuk meningkatkan mutu guru agar menjadi tenaga professional, dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran, yang dilengkapi dengan program pembelajaran, persiapan, kesesuaian bahan ajar, penguasaan kelas, penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga peningkatan mutu pendidikan dapat berhasil dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis hubungan supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota
Semarang, (2) menganalisis hubungan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, dan (3) menganalisis hubungan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Manfaat penelitian: (1) sebagai salah satu literatur manajemen sumber daya pendidikan dan (2) bahan pengambilan kebijakan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru.Populasi dan sampel penelitian adalah guru PNS dan guru tetap yayasan SD di Kecamatan
Pedurungan Kota Semarang sebanyak 115 guru. Dari 115 populasi diperoleh sampel sebesar 89 guru. Sumber data adalah data primer. Pengukuran variabel mengggunakan skala likert. Penelitian adalah penelitian eksplanatori. Analisis data menggunakan regresi liner berganda.Has il penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang signifikan supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru secara simultan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05.

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Dan Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.20-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id