PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V

Tasya Amrina Rosyada, Yunita Sari, Andarini Permata Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematis Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di SD Negeri Prampelan. Metode yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimental Design (penelitian eksperimen semu) dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang di ambil dalam yaitu sampel jenuh. Hasil analisis data akhir diperoleh Uji hipotesis berupa yang pertama uji t berpasangan yang di kelas eksperimen diperoleh hasil thitung -13,15 < -ttabel -2,060 maka Ha diterima Ho ditolak dan di kelas kontrol diperoleh thitung -9,40 < -ttabel -2,0518 maka Ha diterima Ho ditolak. Kedua uji t beda rata-rata thitung 2,0912 > ttabel 2,0497 maka Ha diterima Ho ditolak. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran realistic mathematis education (RME) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri Prampelan pada tahun ajaran 2018/2019.


References


Amir, M.,F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar.In Prosiding seminar Nasional Pendidikan, 34-42. diunduh 11 November 2018

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. Tersedia: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355 diunduh 11 November 2018.

Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education , 6(22), 2438-2445.

Kusumawati,N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan masalah matematika terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran Realistic mathematics Education (RME). Delta : Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 1(1),104-113.

Riyadi, A., Setiadi, A., Cahyaningtyas, Andarini, P. (2009). Genius Learningstrategy Magic Formula Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mapel Matematika Materi Bangun Ruang Di Sd Negeri Kowangbinagun Kalasan. Pelita, 4 (2).

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Suherman, H., Erman, Dkk. (3003). Strategi Pembelajaran, Matemaika Kontemporer. Bandung:Jica.

Ulia, N, & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory Dan Kinestetik Terhadap Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al-Ibtida:Jurnal Pendidikan Guru Mi, 5 (2), 175-190.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id