PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KOMPAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS VI SDN GEBANGSARI 02

Darsino Darsino

Abstract


Penelitian ini terfokus pada peningkatan keefektifan dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas VI SD pada materi kerjasama negara-negara Asia Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN Gebangsari 02 UPTD Pendidikan Kecamatan Genuk Kota Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 36 orang. Pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting) Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar peserta didik. Data peserta didik aktif pada siklus I adalah 52,39%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,21%. Data tentang hasil belajar peserta didik nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 78,05 dengan ketuntasan belajar peserta didiksebesar 83,36% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 83,00 dengan ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajan kooperatif model kompak dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kooperatif model kompak dapat diterapkan pada konsep mata pelajaran yang lain.

Keywords


keaktifan, hasil belajar, PKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.