PENERAPAN METODE PENUGASAN DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MATERI BILANGAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI 1 PEKALONGAN

Sudiharto Sudiharto

Abstract


Banyak faktor yang menentukan mutu pendidikan pada umumnya, diantaranya mutu murid, sarana dan prasarana, serta guru (pendidik).Dalam hal ini guru memiliki peranan yang sangat besar.Semakin tinggi penguasaan guru terhadap materi pelajaran, maka makin tinggi pula prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu dewasa ini pemerintah membuka peluang kepada guru untuk meningkatkan keahliannya melalui program peningkatan profesional guru S1 PGSD. Mata pelajaran di Sekolah Dasar (SD) yang selalu menjadi problema para siswa adalah Matematika. Dari tahun ke tahun hasil evaluasi siswa hampir tidak mengalami perubahan, selalu menduduki tempat terendah dalam perolehan nilai rata-rata kelas dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, demikian pula tingkat ketentuan penguasaan materi pada Sub Pokok Bahasan Operasi Campur Bilangan Pecahan pada pelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing melalui empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengumpilan data, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I tingkat ketuntasan baru mencapai 29% dengan nilai persentase 56,2%. Pada siklus II Tingkat ketuntasan baru mencapai 65% dengan nilai rata-rata 7,82. Siklus ketiga yang masuk kategori tuntas 31 siswa dari 34 siswa (91%), yang belum tuntas 3 siswa dari 34 siswa (9%) nilai rata-rata kelas adalah 9.


Keywords


metode penugasan, demo demontrasi, operasi penjumlahan dan pengurangan, bilangan pecahan, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.