Analisis model Learning Cycle dalam meningkatkan kemampuan kognitif

Isna Amanaturrakhmah, Samsudin Samsudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif yang dapat dikembangkan siswa kelas I SD dalam pembelajaran menggunakan model learning cycle berdasarkan taksonomi Bloom. Model Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang memiliki tahapan pembelajaran yang terkandung kegiatan berpikir tingkat tinggi. Tahapan dalam model Learning Cycle adalah engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di UPTD SDN 1 Pabean Ilir kabupaten Indramayu. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 1 sejumlah 26 orang. Penentuan subjek dilakukan menggunakan teknik Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar, observasi untuk mengamati aktivitas siswa dalam kegiatan berpikir, serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan metode kualitatif Model Interaktif Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa model Learning Cycle dapat menunjang perkembangan kemampuan kognitif dengan memberikan usaha yang lebih baik dalam mengemas kegiatan dan membimbing aktivitas pembelajaran siswa. Hal ini ditunjukkan pada kegiatan kognitif siswa pada tingkat rendah (C1-C3) yang meningkat secara signifikan. Pada siklus pertama muncul sebanyak 77%, sementara pada siklus terakhir 97% siswa menunjukkan kegiatan kognitif C1-C3. Sementara kegiatan analisis (C4) dikemas dengan permainan kognitif. Salah satunya adalah menemukan 5 perbedaan pada 2 gambar serupa. Permainan seperti ini menggugah ketertarikan untuk aktif dan fokus dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


model learning cycle, kemampuan kognitif

References


Ahmadurifai. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 210–220. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003892

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Amanaturrakhmah, I., & Fauzan, A. (2018). Analisis Capaian Kompetensi Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Subtema Keseimbangan Ekosistem. Jurnal Magistra, 9(1), 1–18.

Amanaturrakhmah, Isna., Kardoyo, & Rifai RC, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6(2), 6, 159–165.

Arvella, S. N. (2020). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V BUDI LUHUR ELEMENTARY MATERI EKOSISTEM. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Asthira P, I. W., Kusmariyatni, N., & Margunayasa, I. Gd. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E†terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus III. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1–9.

Astuti, N., & Muncarno, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 983. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3567

Fitriyani, S., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN I Depok Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Jurnal Pena Ilmiah , 1(1), 511–520.

https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2980

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–36. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/882

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/596

Hidayati, A. U. (2017). MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. TERAMPILJurnal Pendidikan Dan PembelajaranDasar, 4(2), 143–156.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas IV MI Al Fitroh Cipondoh Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(2), 1–14. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE

Ritamah. (2020). Penerapan Media Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Bela-jar Matematika Peserta Didik Kelas 1A SD Negeri 219 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 205–211.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart.

Suani, E. (2013). Pengaruh Pendekatan Konstruktivis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sman 2 Siak Hulu Kampar [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU]. https://repository.uin-suska.ac.id/2141/1/2013_2013825PMT.pdf

Sugiono. (2013). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis dan Disertasi. Alfabeta.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.

Susanti, P., Sumantri, M. S., & Sarkadi, S. (2021). Increasing High Order Thinking Skill (HOTS) Using Question Card Games on Social Studies Content in Class V of Kranji XVI Public Elementary School, Bekasi City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(2), 472. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i2.2446




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.157-175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id