Pengembangan instrumen tes kemampuan penalaran kuantitatif bagi siswa kelas VI SD/MI

Dzikra Fuadiah

Abstract


Kemampuan penalaran kuantitatif menjadi dasar bagi siswa memahami dan mempelajari matematika dan ilmu pengetahuan lain. Kemampuan penalaran kuantitatif berhubungan dengan kemampuan menggali informasi tentang kuantitas tertentu yang berhubungan atau berubah atau bertransformasi ke kuantitas lain menuju kesimpulan dari suatu masalah. Ketersediaan tes kemampuan penalaran kuantitatif (TKPK) akan bermanfaat untuk mengukur kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan perangkat tes kemampuan penalaran kuantitatif dan kualitas tes kemampuan penalaran kuantitatif untuk siswa kelas VI MI/SD yang telah dikembangkan tersebut. Perangkat TKPK dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembagan tes. Instrumen TKPK meliputi lembar soal (petunjuk peserta tes dan soal), lembar jawaban, pedoman penskoran, pedoman pengawas dan jawaban dan alternatif penyelesaian. Pengembangan TKPK siswa kelas VI MI/SD dilakukan dengan merancang dua rancangan, yaitu TKPK 1 dan TKPK 2 dan melalui tujuh tahap, yaitu (1) mendefinisikan indikator kemampuan penalaran kuantitatif, konten tes dan konteks masalah; (2) mengkonstruk kisi-kisi, format pertanyaan dan jawaban, bentuk penyelenggaraan dan cara penskoran; (3) menyusun butir soal dan pedoman penskoran; (4) menyusun petunjuk penyelenggaraan tes untuk pengawas tes serta petunjuk untuk peserta tes; (5) uji coba instrumen tes; (6) analisis butir soal secara kuantitatif; dan (7) merevisi butir soal. Dua rancangan TKPK yang dikembangkan memiliki kualitas yang cukup baik. 


Keywords


penalaran kuantitatif, instrumen tes

Full Text:

PDF

References


Agustinus, S. (2013, December 9). Penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) dalam pemecahan masalah matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Carroll, J. B. (1993). Human Cognitive Abilities. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511571312

Dwyer, C. A., Gallagher, A., Levin, J., & Morley, M. E. (2003). What is quantitative reasoning? Defining the construct for assessment purposes. ETS Research Report Series, 2003(2), i–48. https://doi.org/10.1002/j.2333-8504.2003.tb01922.x

Ellis, A. B. (2011). Algebra in the middle school: Developing functional relationships through quantitative reasoning. In Early algebraization (pp. 215–238). Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-17735-4_13

Firdaus, Z. (2013). Identifikasi Kemampuan Penalaran Spasial dan Kuantitatif Siswa SDI Miftahul Ulum Surabaya pada Tahap Operasi Konkret Piaget. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fu’adiah, D. (2018). Pengembangan penalaran kuantitatif di sekolah dasar untuk mengembangkan berpikir aljabar di sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1). https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p19-29

Grawe, N. D. (2011). Beyond math skills: Measuring quantitative reasoning in context. New Directions for Institutional Research, 2011(149), 41–52. https://doi.org/10.1002/ir.379

Indonesia, P.R. (2006). Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Harel, G., & Sowder, L. (1998). Students’ proof schemes: Results from exploratory studies (pp. 234–283). https://doi.org/10.1090/cbmath/007/07

Hoffman, K., Leupen, S., Dowell, K., Kephart, K., & Leips, J. (2016). Development and assessment of modules to integrate quantitative skills in introductory biology courses. CBE Life Sciences Education, 15(2). https://doi.org/10.1187/cbe.15-09-0186

Jack, J. P., & Thompson, P. W. (2017). 4 Quantitative reasoning and the development of algebraic reasoning. In Algebra In The Early Grades (pp. 95–132). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315097435-5

Kabael, T., & Akin, A. (2016). Problem solving strategies and quantitative reasoning skills in solving algebraic verbal problems of seventh grade students. Kastamonu Education Journal, 24(2), 875–894.

McIntire, Sandra, A., Miller, & Leslie, A. (2006). Foundations of psychological testing: A practical approach (Second Edition). SAGE Publications.

Moore, K., Carlson, M., & Oehrtman, M. (2009). The Role of qualitative reasoning in solving applied precalculus problems. Twelfth Annual Special Interest Group of the Mathematical Association of America on Research in Undergraduate Mathematics Education.

Nunes, T., & Bryant, P. (2021). Promoting quantitative reasoning in elementary school. In Using Mathematics to Understand the World. https://doi.org/10.4324/9780429265815-5

Tian, Z., & Huang, X. (2009). A Study of Children’s Spatial Reasoning and Quantitative Reasoning Abilities. Journal of Mathematics Education, 2(2), 80–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.45-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id