Analisis bahan ajar kurikulum 2013 berbasis kecerdasan majemuk tema 8 kelas III sekolah dasar

Diah Tara Dewi, Maemonah Maemonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis buku tematik Kurikulum 2013 berdasarkan kecerdasan majemuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kulitatif deskriptif  dengan metode analisis isi pada buku siswa kelas III SD Kurikulum 2013 Tema 8 Praja Muda Karana. Tahapan penelitian ini yaitu dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui kecerdasan apa saja yang termuat dalam buku siswa, menentukan unit analisis, menentukan sampel, membuat pedoman pengkodingan, mengumpulkan data, melakukan data coding, menganalisis koherensi antara buku dengan perspektif kecerdasan majemuk, mendeskripsikan hasil analisis menurut kecerdasan majemuk, menyimpulkan dan memberi masukan berdasarkan hasil analisis. Buku siswa kelas III tema 8 belum sepenuhnya memfasilitasi siswa dalam melatih kecerdasan majemuk karena distribusi kecerdasan majemuk yang dimunculkan dalam buku siswa tersebut belum merata. Kecerdasan yang paling sering muncul adalah kecerdasan linguistik 27% dan kecerdasan spasial 24%. Sedangkan kecerdasan yang paling sedikit dimunculkan adalah kecerdasan musical dan kecerdasan eksistensial yaitu 3,5%, untuk meningkatkan kecerdasan tersebut dapat diberikan tambahan materi mengenai lagu, ritme, pola irama, dan sejenisnya serta memperluas pembahasan pada materi lambang garuda dan sikap dasa dharma. Pengembangan materi pembelajaran dalam buku siswa menjadi salah satu langkah bagi pengarang  atau penulis buku dalam memaksimalkan kecerdasan pada diri siswa.

Keywords


bahan ajar, kurikulum 2013, kecerdasan majemuk

Full Text:

PDF

References


Abdulaziz, M. F., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2014). Analisis isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Kesehatan SMP kelas VIII di Kota Semarang. JPES : Journal of Physical Education and Sports, 3(1).

Ahsani, E. L. (2020). Analisis bahan ajar Kurikulum 2013 berbasis Multiple Intelligences kelas IV. Elementary, 8(1), 19-36 http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran anak usia dini berbasis multiple intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 257-276.

Chatib, M., & Said, A. (2012). Sekolah Anak- Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Kaifa.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa.

Fatonah, S. (2009). Menumbuhkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak dengan mengenal gaya belajarnya dalam pembelajaran IPA SD. Al- Bidayah, 1(2), 9228- 9239.

Gangadevi,S., & Ravi D. (2014). Multiple intelligences based curriculum to enhance inclusive education to bring out human potential. Research Article, 2(8), 619-626.

Gardner, H. E. (1983). Frames of mind: The Theory of multiple intelligences. New York: Basic Book.

Hamzah, A. (2009). Teori multiple intelligences dan implikasinya terhadap pengelolaan pembelajaran. Tadris, 4(2), 251-262.

Kusniati, E. (2016). Strategi pembelajarn berbasis multiple intelligences. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 9(2), 167- 179.

Lunenburg F.C., & Lunenburg M.R. (2014). Multiple intelligences in the classroom: A fresh look at teaching writing. International Journal of Scholarly Academic Intellectual Diversity, 16(1), 1-14.

Maharani, R. (2015). Model pembelajaran berbasis teori multiple intelligences: Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, I(1), 11-24.

Masdudi, M. (2017). Konsep pembelajaran multiple intelligences bagi anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1-27.

Mujib, M., & Mardiyah, M. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kecerdasan multiple intelligences. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187-196. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2024

Mushollin, M. (2013). Penerapan teori multiple intelligences Howard Gardner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Tadris STAIN Pamekasan, 4(2), 223-235.

Nurhidayati, T. (2015). Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agam Islam, 3(1), 23-56. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56

Nurlaeliyah. (2015). Multiple intelligences terhadap perkembangan belajar siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 133-138.

Pramana, N. G., Sriasih, S. P., & Gunatama, G. (2019). Analisis kesesuaian materi buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas VII dengan karakteristik siswa kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20238

Rahayuningtyas, D. I., & Yuliyani, D. R. (2020). Pengembangan model multiple intelligences based learning untuk penguatan gerakan literasi sekolah dasar kelas tinggi. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 63-74. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1698

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(2), 69-80.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan majemuk pada anak. Sari Pedriati, 7(2), 85-92. https://dx.doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Utami, S. W. (2019). Multiple intelligences: Platform global paling efektif untuk pendidikan abad ke- 21 dalam pendidikan dan pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019, 251-257.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar pada materi Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas IX SMP di Kota Metro. Iqra, 1(1), 47-68.

Yunianto, T. (2021). Analisis kesesuaian materi IPA dalam buku siswa kelas IV semester 1 SD dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.1-17




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.15-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id