Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram

Muhamad Ahyar Rasidi, Nurrismi Hikmatullah, M. Sobry

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mendeskripsikan hambatan pembelajaran daring di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan dengan mengeksplorasi informasi dari 2 guru dan 5 peserta didik sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat berbagai hambatan guru dalam menerapkan pembelajaran daring diantaranya: (1) implementasi perangkat pembelajaran yang disusun belum dapat diimplementasikan secara optimal, termasuk pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. (2) Keterbatasan kuota internet dan handphone android peserta didik. Adapun strategi antisipasinya, guru menggunakan flatform media sosial lainnya sebagai media pembelajaran. Adapun cara mengatasi hambatan tersebut dilakukan dengan berbagai tindakan nyata seperti: (1) penyediaan kuota internet gratis, (2) pendampingan dan pelatihan e-learning, dan (3) pembagian ponsel gratis. Ditambah dengan penyajian materi pembelajaran yang menarik dan peningkatan motivasi belajar peserta didik secara berkelanjutan.


Keywords


hambatan guru, pembelajaran daring, studi kasus

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT. Raja Grafindo Persada.

Akçayır, G., & Akçayır, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers and Education, 126, 334–345. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021

Asrul, & Ranti, N. P. (2020). Hambatan dan solusi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. 1–17.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran masa pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Bigs, J. B., & Tang, C. (2017). Teaching for Learning Quality in University (Open Unive).

Brown, M. G. (2016). Blended instructional practice: A review of the empirical literature on instructors’ adoption and use of online tools in face-to-face teaching. The Internet and Higher Education, 31, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.05.001

Bull, J., & McKenna, C. (2003). A Blue Print for Computer-Assisted Assesment. Routledge.

Chaedar, A. (2015). Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. PT. Kiblat Buku Utama.

Desimone, L. M., & Katie, P. (2017). Instructional coaching as high-quality professional development. Theory Into Practice, 56(1), 3–12.

Handika, J. (2020). Pembelajaran Sains di era Akselerasi Digital. CV Media Grafika.

Ismail, M., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Creative.

Jamad, M. (2020). Pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. In Goresan Pena Guru Bahasa Kala Pandemi Corona. Omera Pustaka.

Jamilah. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Knight, J. (2019). Instructional coaching for implementing visible learning: A model for translating research into practice. Education Science, 9, 1–16.

Kustiana, S., & dkk. (2021). Sebuah Buku Tentang Covid-19. Tidar Media.

Kusumadewi, R. F. (2015). Pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43–64.

Lismina. (2018). Pengembangan kurikulum di sekolah dan perguruan tinggi. Uwais Insprirasi Indonesia.

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatana disiplin dan prestasi belajar PAI menggunakan model Quantum Teaching kelas VII MTs Al-Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Nasution, Y. S., Syahputra, E., & Mulyono. (2020). The development of learning instrument using Problem Based Learning model to improve critical thinking of junior high school students. BirLe-Journal, 3(3), 1501–1508. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1223

Prasad, P. W. C., Maag, A., Redestowicz, M., & Hoe, L. S. (2018). Unfamiliar technology: Reaction of international students to blended learning. Computers & Education, 122, 92–103. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.03.016

Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). (2019). Satuan Tugas Penanganan Covid-19. covid19.go.id

Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers & Education, 144, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103701

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik PAKET C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12.

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi model Pembelajaran PBI (Problem Based instruction) berbasis Whatsapp sebagai langkah solutif pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 188–197. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708

Safford, K., Stinton, J., & Julia. (2016). Barriers to blended digital distance vocational learning for non-traditional students. British Journal of Educational Technology, 47(1), 135–150.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S.,

Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sobry, M. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Sudarsana, I. K. (2020). Pembelajaran dalam jaringan dan upaya memutus pandemi Covid-19. In Covid-19 Perspektif Pendidikan (pp. 1–10). Yayasan Kita Menulis.

Syamsul, A. (2018). Jurnalistik Online (Panduan Mengelola Media Online). Nuansa Cendekia.

Tim PGSD C. (2017). Pembelajaran Seni Budaya SD I Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara. UMM Press.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui Google Classroom di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa), 513–521.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan media Youtube sebelum dan saat pandemi Covid-19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Xiong, Y., Li, H., Kornhaber, M., Suen, H., Pursel, B., & Goins, D. D. (2015). Examining the relation among student motivation, engagement, retention in MOOC: A structural equation modelling approach. Global Education Review, 2(3), 23–33.

Yatri, I., & Pratiwi, L. (2017). Peranan media video dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80

Zulkifli, Fatmawati, Yuliana, Putri, A. N., Albakri, S. A., Adyanti, K. A., Fauziah, N., Multiani, Muftiara, A. W., Sanusi, I., Tahir, R. A., Idul, M., Awal, M. R., Saripa, Hafid, R., Rahman, N., Irnawati, & Herdah. (2020). Berkarya Bersama di Tengah Covid-19. IAIN Parepare Nusantara Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id