Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah

Ria Nur Anggraeni, Fina Fakhriyah, Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua sebagai fasilitator pembelajaran online juga kendala orang tua sebagai fasilitator. Peneilitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian yakni peran orang tua sebagai fasilitator dalam pembelajaran online berupa sebagai pembimbing, jembatan antara guru dan anak, serta penyedia fasilitas-fasilitas yang menunjang. Selain itu dalam pelaksanaannya juga terdapat beberapa kendala diantaranya kurangnya pemahaman materi pembelajaran oleh orang tua dan motivasi anak yang cenderung menurun. Sehingga dalam pelaksanaannya orang tua mencoba mencari beberapa sumber yang bisa membantu menambah pemahaman dan memberikan motivasi kepada anak.


Keywords


fasilitator, peran orang tua, pembelajaran online

Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hayati, A. S. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan sistem daring pada masa pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 27(2), 23–32.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Kholiq, A., Daniarti, U. A., & Harisuddin. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar kelas VIII SMPK Mater Boni Consili Ohe Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka. Jurnal Oikos, 1(1), 1–13.

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Nofianti, R. (2020). Peran orangtua dalam pendampingan pembelajaran daring anak usia dini di masa pandemic Covid 19 di TK Islam Ibnu Qoyyim. Jurnal Abdi Ilmu, 13(2), 19–30.

Panaoura, R. (2021). Parental involvement in children’s mathematics learning before and during the period of the Covid-19. Social Education Research, 2(1), 65–74.

Prasetyo, F. A. . (2018). Pendampingan Orang Tua dalam Proses

Belajar Anak. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Saputri, A. E. (2017). Pendampingan Anak dalam Keluarga di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Universitas Negeri Yogyakarta.

Selviana, E. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran daring siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terhadap pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020. IAIN Salatiga.

Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran Google Classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134–140.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–128.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 20–28.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wardhani, T. Z. ., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 48. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Warsito. (2012). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Metematika Melalui Pendekatan Kontruktivisme dengan Mengoptimalkan Media Information and Communication Technologies (ICT). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Winarno, & Setiawan, J. (2013). Penerapan sistem e-learning pada komunitas pendidikan sekolah rumah Home Schooling. Jurnal Ultima Infosys, 4(1), 45–51.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id