GEOSHAPE DIGITAL: MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SD

Mohamad Hariyono, Ernayanti Nur Widhi

Abstract


Pada mata kuliah Pendidikan Matematika II di Prodi PGSD dibutuhkan media pembelajaran sebagai motivasi yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa. Dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Media pembelajaran Geoshapes Digital sebagai alternatif media dalam menunjang materi geometri materi Keliling dan luas mata kuliah Pendidikan Matematika II. Tujuan dari pengembangan media  pembelajaran Geoshapes Digital adalah untuk menjelaskan atau mendeskripsikan tahapan pengembangan Geoshapes Digital pada mata kuliah Pendidikan Matematika II  dan untuk mendeskripsikan keefektifan dan kepraktisan pembelajaran dengan media Geoshapes Digital pada mata kuliah Pendidikan Matematika II. Model penelitian yang digunakan yaitu desain model Plomp yang memiliki tahap investigasi awal, perencanaan, realisasi dan tes, evaluasi. Validitas pada penelitian ini terdiri dari validitas materi dan media Geoshape digital.  Sedangkan angket digunakan untuk mengukur ketertarikan mahasiswa sedangkan tes diukur untuk mendapatkan data terkait kemampuan pemahaman konsep. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media Geoshapes Digital sudah memenuhi kriteria valid dan praktis serta pembelajaan dengan media Geoshapes Digital juga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa ditunjukkan dengan rata-rata skor tes evaluasi mencapai 76 berdasarkan perhitungan uji t.


Keywords


media pembelajaran, Geoshapes digital, Pendidikan Matematika II

References


BPS. (2018). Publikasi hasil survey penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi P2TIK sektor pendidikan 2018. Diterima dari https://www.bps.go.id/publication/.

Chandra, F. H., Nugroho, Y. W., & Visual, D. K. (2016). Implementasi Student Centered Learning dengan memanfaatkan media pembelajaran digital dalam pembelajaran dengan menggunakan metode “Flipped Classroom”. Media Prestasi, 18(2), 51-62.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Indriyani. (November 2014). Penggunaan TIK naik 250 persen. ANTARA News. Diterima dari https://www.antaranews.com/berita/465411/penggunaan-tik-naik-250-persen.

Kusumawati, K., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematika siswa SD pada model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Pop Up. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Latief. (2016). Adopsi alat digital untuk pembelajaran masih rendah. Kompas. Diterima dari https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/31/21202221/adopsi.alat.digital.untuk.pembelajaran.masih.rendah.

Mustari, A. S., & Zain, I. (2012). Analisis regresi tobit spasial studi kasus penggunaan internet di Pulau Jawa (Doctoral dissertation). Jurusan Statistika FMIPA ITS. Surabaya).

Rizky, A. (2018). Pembelajaran matematika materi geometri di SD Al Hikmah Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3).

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Suherman,E.dkk. (2003). Strategi pembelajaran Matematika kontemporer. Bandung: UPI Bandung.

Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). The influence of mathematical basic concept of materials based on internalization of Islamic values against religious attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1517, 012060.

Ulia, N. (2018). Efektivitas Colaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT terhadap pemahaman konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.35-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id