KESESUAIAN RPP TEMATIK INTEGRATIF DENGAN SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019

Atika Dwi Evitasari, Faridl Musyadad, Fitri Sholihah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019, kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembuatan RPP Tematik, dan solusi yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif untuk menganalisis RPP tematik Kelas tinggi SD Negeri se-Gugus II Pengasih yang disesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas tinggi se-Gugus II Pengasih sebanyak lima orang. Pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan model Analysis Interactive dari Milles dan Huberman dengan tahapan data collection, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Komponen RPP yang disusun oleh guru sudah sesuai peraturan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 yakni menggunakan tiga komponen inti yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran. Kendala yang dihadapi adalah guru kesulitan dalam membuat rubrik penilaian. Solusi yang dilakukan guru yaitu dengan cara mengacu pada RPP KKG yang telah dibuat bersama-sama dan bertanya kepada kepala sekolah atau orang yang lebih ahli. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi terkait kesesuaian penyusunan RPP dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019.


Keywords


RPP, tematik integratif, surat edaran

References


Alimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 1(1), 23-33.

Amirudin. 2016. Perencanaan pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Anggriani, W., & Indihadi, D. (2018). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaarn menulis narasi di SD. Pedadidaktika, 1 (5), 11-22.

Binsaleh, M., & Binsaleh, S. (2016). Framework for mobile learning in the conflict area of the four southernmost provinces of Thailand. The International Conference on Communication, Conflicts and Peace Process.

Evitasari, D., E. & Nurjanah, T. 2019. Optimalisasi hasil belajar IPA melalui model Project Based Learning pada peserta didik kelas IV SD Negeri Petarangan. Prosiding Seminar Nasional PGSD Peran Pedidikan Dasar dalam Menyiapkan Generasi Unggul di Era Revolusi Industri 4.0.,59-64.

Helmi, T., Munjin, R. A., & Purnamasari, I. (2016). Kualitas pelayanan publik dalam pembuatan izin trayek oleh DLLAJ Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI, 2(1), 47-59.

Ilyas. (2016). Pendidikan karakter melalui homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2 (1), 91-98.

Kemendikbud. 2016. Panduan penilaian untuk sekolah dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud.

Mayudana, I. K. Y, & Sukendra, I. K. S. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). Journal of Educational Development, 1(1).

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prastowo, A. 2016. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Ar-Ruz Media

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Rindarti, E. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan RPP kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pendampingan berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Islam. 9(1), 59-74.

Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI, 2(1)274-293.

Sandjaja, I. E. & Purnamasari, D. (2017, Februari). Perancangan kuisioner survei galangan. Technology Science and Engineering Journal, 1(1), 27-33.

Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Sundayana, W. 2012. Pembelajaran berbasis tema. Jakarta: Erlangga.

Suntoro, R. & Widoro, H. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 144-165.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.

Wijarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59.

Yanti, A. Y. (2018). Kemampuan guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukoharjo. Seminar Nasional Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan dan Kemasyarakatan, 1-9.

Yustiana, S., & Afandi, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Menyusun RPP dan Sikap Sosial terhadap Ketrampilan Mengajar Mahasiswa dalam Program PLP PGSD Unissula di Kecamatan Genuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 122-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.18-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id