Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini, bahwasannya pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Dasar belum optimal dalam memberikan inovasi proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan rancangan produk berupa pengembangan desain pembelajaran STEM dalam bentuk RPP. Desain pembelajaran yang dikembangkan disesuaikan dengan karakteristik kurikulum 2013 diantaranya menerapkan keterampilan 4C dalam proses pembelajaran STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan qualitative reseach berbasis Focus Group Discussion (FGD). Hal ini dilakukan karena FGD bertujuan untuk mendapatkan data yang intensif dan mendalam mengenai suatu topik yang akan di bahas dengan cara berinteraksi dalam satu kelompok agar mendapatkan hasil yang maksimal mengenai pengembangan produk RPP. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil identifikasi masalah mengenai desain pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses pembelajaran di SD, hasil penelitian yang relevan terkait dengan konteks peneliti, serta hasil diskusi FGD mengenai solusi dari permasalahan yang di temukan di lapangan. Hasil yang didapat dari FGD tersebut akan menghasilkan rancangan produk desain pembelajaran STEM yang sudah di diskusikan dengan kelompok yang homogen mengenai STEM, sehingga produk tersebut dapat diimplementasikan di Sekolah Dasar.
Kata kunci: Desain Pembelajaran, Pembelajaran STEM, Engineering Proses
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ceylan, S., & Ozdilek, Z. 2015. Improving a Sample Lesson Plan for Secondary Science Courses Whitin the STEM Education. Social and behavioral sciences, 177, 223-228. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.39
Cunningham, C.M. 2018. Engineering in Elementary STEM Education (Curriculum Design, Intruction, Learning, and Assesment). New York: Teacher College Press.
Giamellaro, M., & Siegel, D. R. (2018). Coaching teachers to implement innovations in STEM. Teaching and Teacher Education, 76, 25–38. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.08.002
Gustina, S. I. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia kampus Tasikmalaya.
Hamdu, G., Karlimah, & Nursyarifah, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sebagai Implementasi Kurikurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 375–380.
Herawati, F. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran STEM dengan Media Flying Cup di Kelas IV Sekolah dasar. Skripsi. Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya.
Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (ceramah) dengan Cooperatif (make-a match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–212.
Indrizal, E. (2014). Diskusi Kelompok Terarah. Journal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 1, 75–82.
Kosasih, E. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. JRKPF UAD, 5(1), 53–62.
Lidinillah, D., Mulyana, E., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. Journal of Physics, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053
Musnidar, L. (2018). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , MATHEMATICS ) TERHADAP KETERAMPILAN CREATIF PROBLEM SOLVING DAN KOMUNIKASI SISWA Lia Musnidar. Prosiding SEMNAS MIPA IV, 174–179.
National Education. (2010). Preparing 21st Century Skills for a Global Society: An education guide to the "four Cs". Retrieved April 26, 2020, from National Education Association: http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf
Nuraeni, F. (2019). Strategi Integrasi Desain Rekayasa pada Pembelajaran IPA. Sumedang: UPI Sumedang Press
Nurlenasari, N., Lidinillah, D., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21 st century skills of fourth-grade student in STEM learning. IOP Conf. Series: Jurnal Of Physics, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058
Octaviani, R. (2018). Strategi Guru dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran PKN dalam RPP SMK Binawiyata Sragen. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018, 1–10.
Omar, D. (2018). Focus group discussion in built environment qualitative research practice. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 117(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/117/1/012050
Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183
Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II, 191–199.
Torlakson, T. 2014. INNOVATE: ABlueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: California Department of Education.
Yaumi, M. (2017). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 (kedua; N. Ibrahim & D. Sidik, eds.). Jakarta: kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id