ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING THE IMPLEMENTATION OF FINANCIAL ACCOUNTING STANDARDS FOR MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTITIES (SAK-EMKM) ON SHARIA-BASED MSMEs IN KUDUS REGENCY

ZULIYATI ZULIYATI, ZULIYATI ZULIYATI, INDRIANINGRUM INDRIANINGRUM

Abstract


The purpose of this study is to analyze the effect of owner perceptions, education, socialization, business scale and business age on the application of the Accounting Standards for Micro, Small and Medium Enterprises (SAK EMKM) on sharia-based MSMEs in Kudus Regency. This study uses a quantitative research design, with the data used are primary data obtained from respondents through questionnaires, with the method of analysis using multiple linear regression analysis. A sample of 100 used purposive sampling technique with the criteria of Sharia-based MSMEs in Kudus Regency. The results showed that the variable owner perception, business scale, and business age had no effect on the application of SAK EMKM. Education and socialization have a positive effect on the implementation of SAK EMKM. The limitations of this study are that the independent variable is only able to influence the implementation of SAK EMKM by 28% and the object is only limited to sharia based MSMEs in Kudus Regency, so it cannot be generalized.


Keywords


Owner's Perception; Socialization;Business Scale;Business Age;Implementation of SAK EMKM;Sharia-based MSMEs

Full Text:

PDF

References


Adino, Intan. 2019 . Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Pelaku UMKM Terhadap SAK EMKM: Survey pada UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM di Kota Pekanbaru

Badria, Nuril dan Nur Diana. 2018. Persepsi Pelaku UMKM dan Sosialisasi SAK EMKM terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan yang Berbasis SAK EMKM 1 Januari 2018 (Studi Kasus UMKM Se-Malang)

Dermanto, FX Sri Werdaya, Lilis Sulistyani.2018. Kiat Percepatan Kinerja UMKM dengan Model Strategi Orientasi Berbasis Lingkungan. Penerbit Deepublish: Sleman.

Febriyanti, Galuh Atika dan Wardhani Agung.S .2018. Pengaruh Persepsi, Tingkat Pendidikan, dan Sosialisasi terhadap Penerapan SAK-EMKM pada UMKM di Wilayah Surabaya

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Semarang: Universitas Diponegoro

Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Penerbit PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta

Hermawan, Iwan Venti Eka Satya, Rafika Sari, Eka Budiyanti. 2019. Paket Kebijakan Ekonomi dan Akuntansi Keuangan: Porspektf Pengembangan UMKM Promosi Ekspor. Penerbit Yayasan Pustaka Obor: Jakarta

Kamalia, Arini.2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinginan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Menerima SAK EMKM (Studi pada UMKM di Kabupaten Kudus).

Kusuma, I.C dan Lutfiany V. 2018. Persepsi UMKM dalam memahami SAK- EMKM

Meidiyustiani, Rinny.2016. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pemahaman Akuntansi, dan Motivasi Pemilik terhadap Penerapan SAK ETAP

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit Media Sahabat Cendekia. Surabaya.

Prajanto, Agung dan Septriana Ira.2018. Implementasi Penerapan SAK EMKM serta Dampaknya pada Kualitas Pelaporan Keuangan UMKM (Studi Kasus pada UMKM Se-Kota Semarang).

Pratiwi, Budi Nurlita. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan SAK ETAP pada UMKM

PSAK EMKM. 2017.

Putra , Romy Eka, Nur Azlina, dan Julita. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Motivasi dan Umur Usaha terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Kota Pekanbaru

Robbins, Stephen P. 2003. Prinsip-Prinsip Perilaku Keorganisasian. Erlangga: Jakarta.

Sarmanu. 2017. Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga. Surabaya

Soraya, Elyana Ayu. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Penerbit CV Alfa Beta: Bandung

Susfayetti, Afrizzal, Nela Safelia . 2018. Pengaruh Pemahaman Teknologi

Informasi, Kualitas Pendidikan, Lama Usaha, dan Ukuran Usaha, terhadap penerapan SAK-ETAP pada Ekonomi Kreatif di Kota Jambi

Syukrina, Viola. 2018. Analisis Persepsi Pelaku UMKM dan Sosialisasi SAK- EMKM terhadap diberlakukannya Laporan Keuangan SAK-EMKM. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, Volume 11 No.1

Tarmizi, Bungawanti. 2013. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah Terhadap Penggunaan SAK ETAP di Kota Bandar Lampung (Studi pada Sentra Kripik Segalamider Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 4 No. 2. September2013.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia, Nomor.20 tahun 2008. tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Undang-Undang Republik Indonesia pasal 1 nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan Nasional

W, Endang Masitoh dan Widayanti Rochmi .2015. Pengaruh Sosialisasi, Tingkat Pemahaman, Motivasi, Kepribadian terhadap Penerapan SAK ETAP di Kampung Batik Laweyan Solo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijibe.6.2.79-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics) has been Indexed by

Journal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref
IJIBE (nternational Journal of Islamic Business Ethics) 
   

Published by

Economic Faculty, Unversitas Islam Sultan Agung

IJIBE is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

Jalan Kaligawe Raya KM.4, Terboyo Kulon, Genuk,
 
 
Semarang, Central Java, Indonesia, 50112 Creative Commons License