Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar

Dhika Ardeani, Moh Farhan

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Merdeka Belajar di Kelas 4 SD N Poncoruso Kabupaten Semarang, dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan proses pengumpulan data berupa wawanacara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Merdeka Belajar bagi peserta didik kelas 4 di SD N Poncoruso Kabupaten Semarang telah menggunakan komponen strategi pembelajaran yang meliputi penentuan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber, bahan, serta alat dan evaluasi dalam pembelajaran. Tujuan pembelajaran tersebut didasarkan pada perkembangan pengetahuan, sedangkan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup. Selain itu sumber, alat, dan bahan merupakan kebutuhan guru dan peserta didik. Untuk evaluasi menggunakan refleksi untuk menemukan ketidakpuasan diantara keduanya. 2) Faktor pendukung dan penghambat beragam, diantaranya berasal dari kondisi siswa, ketersediaan sarana prasana dan kesiapan guru.


Keywords


Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Merdeka Belajar, SD N Poncoruso



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.7.1.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id. 

Â