PELATIHAN MANAJEMEN DIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANAJEMEN WAKTU SANTRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan manajemen diri untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu pada santri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 7 santri yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan sebagai pretest dan posttest adalah skala manajemen waktu yang memiliki reliabilitas sebesar 0,858. Pelatihan manajemen diri dilakukan sebanyak 5 sesi dengan metode cermah, diskusi dan praktik, serta 1 sesi follow up. Hasil analisis data menggunakan non-parametric 2-related test dengan uji wilcoxon menunjukkan p (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0.018 yang menunjukkan bahwa p<0,05 (0,012<0,05), artinya ada perbedaan yang signifikan pada manajemen waktu kelompok subjek sebelum dan sesudah intervensi, sehingga pelatihan manajemen diri dapat meningkatkan keterampilan manajemen waktu santri.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.30659/jp.20.2.145-154
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
