PENINGKATAN KOMPETENSI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PERCAKAPAN MELALUI METODE PQRST SISWA KELAS VI SDN NGASTOREJO

Purwati Purwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan memaparkan besarnya peningkatan kompetensi dan hasil belajar  bahasa Indonesia, Materi teks percakapan melalui metode PQRST siswa kelas VI SDN Ngastorejo Kecamatan Jakenan Kab. Pati Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini secara teoritis diperolehnya pengetahuan baru tentang  peningkatan kompetensi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi Teks percakapan melalui metode PQRST  siswa kelas VI SDN Ngastorejo Kecamatan Jakenan Kab. Pati Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang diterapkan dalam penelitian Teks percakapan adalah metode PQRST.Metode PQRST (Preview Question Read Summarize Test ).Metode PQRST ini merupakan salah satu bagian dari metode elaborasi karena digunakan membantu peserta didik mengingat apa yang mereka baca,sehingga informasi baru akan lebih bermakna,seta beberapa kajian tambahan terdiri atas membahas pertanyaan, membahas jawaban  menentukan kalimat utama,kalimat penjelas,ide pokok,dan ide penjelasBerdasarkan temuan hasil refleksi /evaluasi dalam siklus demi siklus diketahui bahwa melalui metode PQRST terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia  mmemahami  isi bacaan teks percakapan di kelas V SD N Ngastorejo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Peningkatan nilai rata-rata 16,7 % pada kondisi awal menjadi 33,3 % pada siklus I Dan menjadi 83,3 % pada siklus II.Tidak bisa 100 % karena satu siswa ada gangguan psikis tidak normal AQ nya.Dengan menggunakan metode PQRST mampu meningkatkan prestasi siswa. Dalam pembelajaran memahami isi bacaan teks percakapan bidang studi Bahasa Indonesia,sehingga daya serap kelas meningkat secara signifinal.

Keywords


Peningkatan; kompetensi; memahami isi bacaan; metode PQRST

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.43-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id