PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN 02 TEMULUS
Abstract
pengetahuan dan kemampuan praktis agar mereka dapat menelaah, mempelajari, dan mengakaji
fenomena-fenomena serta masalah-masalah sosial yang ada disekitar mereka. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model kooperatif tipe Jigsaw berbasis media
visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktiviatas siswa, dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS kelas IV SDN 02 Temulus?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran yang mencakup keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 02 Temulus. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam III siklus, masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV SDN 02 Temulus yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki
dan 22 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang
meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan
guru pada siklus I yaitu 28 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 32 dengan kategori
sangat baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 35 dengan kategori sangat baik. Ratarata
aktivitas siwa pada siklus I memperoleh skor 14,7 dengan kategori baik, siklus II meningkat
menjadi 15,5 dengan kategori baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 17 dengan
kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 73,7%, siklus
II meningkat menjadi 78,9%, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,1%. Simpulan
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis media
visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Temulus. Saran bagi guru agar menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis media visual dalam pembelajaran IPS serta
menerapkan pada mata pelajaran yang lain.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.1-6
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id