PENGARUH MINAT DAN KEDISIPLINAN TERHADAP NILAI UAS IPS DI SDN 02 TEMULUS

Yulina Ismiyanti

Abstract


Melalui penelitian yang dilaksanakan ini, bertujuanguna mengetahui pengaruh
minat dan kedisiplinan terhadap nilai UAS IPS di SDN 02 Temulus. Metode yang
digunakan yaituex-post factomelalui pendekatan kuantitatif . Data yang diperoleh
dari angket dengan populasi sejumlah 146 kemudian diambil sampel dengan
teknik random sampling sejumlah 108 siswa, kemudian dianalisis dengan regresi
linier sederhana, taraf kesalahan 5% menunjukkan, (1) terdapat pengaruh
signifikan antara minat beajar terhadap nilai UAS IPS di SDN 02 Temulus dengan
(F=9,934, p=0,02< 0,05 dengan besar pengaruh 0,086 atau 8,6%. (2) terdapat
pengaruh signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap nilai UAS IPS di SDN 02
Temulus dengan (F= 14,381 p=0,00 < 0,05 dengan besar pengaruh 0,119 atau
11,9%), (3) terdapat pengaruh signifikan antara minat dan kedisiplinan terhadap
nilai UAS IPS di SD 02 Temulus dengan (F=8,478 p=0,00 < 0,05 dengan besar
pengaruh 0,139 atau 13,9%). Sehingga disimpulkan minat dan kedisiplinan belajar
berpengaruh terhadap nilai UAS IPS di SDN 02 Temulus


Keywords


Minat, Kedisiplinan, Nilai UAS IPS

Full Text:

Untitled PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.5.1.34-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id