Analisis butir soal penilaian akhir semester muatan pembelajaran IPS di kelas 5: Ditinjau dari kompetensi abad 21

Ranti Agustina, Tin Rustini, Yona Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kesesuaian soal Penilaian Akhir Semester yang masih dipertanyakan, karena pembuatan naskah soal tidak dilaksanakan oleh guru yang bersangkutan dan tidak dilakukan kegiatan analisis butir soal sebelum diujikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis kesesuaian soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran IPS kelas 5 dengan kompetensi dasar dan materi IPS, juga mendeskripsikan hasil analisis ditinjau dari kompetensi abad 21 pada aspek kompetensi berpikir kritis dan komunikasi tertulis. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan desain analisis isi. Sumber data penelitian adalah naskah soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran IPS kelas 5 semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi wacana, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naskah Penilaian Akhir Semester mata pelajaran IPS kelas 5 semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 tidak semuanya memiliki kesesuaian dengan kompetensi dasar dan materi IPS. Keterampilan abad 21 pada kompetensi berpikir kritis dan komunikasi tertulis dalam butir soal tidak sama rata untuk setiap indikator. Pada keterampilan berpikir kritis indikator yang termuat paling tinggi yaitu menyimpulkan (inference), sedangkan pada keterampilan komunikasi tertulis indikator bahasa yang memiliki muatan paling tinggi.


Keywords


analisis soal; kompetensi abad 21; berpikir kritis; komunikasi tertulis

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan (ke-1). PT. Refika Aditama.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya.

Effendi, R. (2012). Perspektif dan tujuan pendidikan IPS. In Pengembangan Pendidikan IPS (pp. 1–41).

Fitrianawati, M. (2015). Peran analisis butir soal guna meningkatkan kualitas butir soal, kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282–295.

Isbandiyah, S., & Sanusi, A. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Biologi. Kemendikbud.

Jupriyanto. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111

Kurniawati, K. (2021). Analisis validitas isi instrumen tes berpikir kritis IPS kelas V SD Kota Yogyakarta. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 130–140.

Marliana, N. A. (2020). ANALISIS SOAL TES BIDANG STUDI IPS DITINJAU DARI DIMENSI HOTS: Buku siswa kelas IV sekolah dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Prakits Penelitian Deskriptif Kualitatif. REFERENSI (GP Press Group).

Mutiani. (2017). IPS dan pendidikan lingkungan: Urgensi pengembangan sikap kesadaran lingkungan peserta didik. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah kajian teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

Pengelola Web Kemendikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Blog Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21

Priyanti, R. (2013). Pembelajaran inovatif abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 3(vii), 482–505.

Santika, R. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Negeri Semarang.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Lamatenggono, N. (2016). Landasan Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Valen, A. (2020). Analisis Pemahaman Guru Dan Kemampuan Menyusun Soal Mid Semester Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1084–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.501

Wandi, M. A. (2020). ANALISIS SOAL TES MATERI IPS PADA BUKU SISWA KELAS V DITINJAU DARI PENGEMBANGAN HOTS: Penelitian Deskriptif Kualitatif terhadap Soal Tes Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Waty, E. R. K. (2017). Menelaah Kualitas Soal Ujian Sekolah Buatan Guru Pada Pencapaian Kelulusan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 11–17.

Yuniar, J. (2020). Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Dimensi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.1-14

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id