Pengaruh Iklan di Media Sosial Instagram dan Tagline Berani Investasi terhadap Keputusan Pembelian di PT. Ajaib Sekuritas Asia
Abstract
Komunikasi pemasaran dinilai mampu memberikan peranan yang penting bagi pemasar. Terlebih dalam mengenalkan produk atau jasa yang dipunyai oleh perusahaan tersebut untuk kemudian dikenalkan ke masyarakat luas. Iklan dipandang sebagai sebuah sarana yang dianggap paling efektif untuk mempengaruhi sebuah keputusan dalam membeli ataupun mengkonsumsi sebuah produk dan jasa didalam lingkungan masyarakat. Dalam sebuah iklan banyak sekali komponen penting dalam menyampaikan pesan salah satunya yaitu tagline. Tagline juga berperan penting sebagai identitas perusahaan dengan tujuan agar mudah dikenal oleh lapisan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan di media sosial instagram dan tagline berani investasi terhadap keputusan pembelian di PT. Ajaib Sekuritas Asia dengan menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 100 orang yang juga sebagai nasabah Ajaib sekuritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara iklan di media instagram dan tagline berani investasi terhadap keputusan pembelian di PT Ajaib Sekuritas Asia. Hal ini bisa dilihat dari hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 113.353 dengan signifikansi 0.000 sehingga hipotesis dapat diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan melalui iklan dan tagline di media social instagram merupakan langkah yang sangat tepat dilakukan oleh PT Ajaib Sekuritas Asia dalam mempromosikan perusahannya ke semua golongan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
K. Nur Mutia Sundawati. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas XI Pada Materi Sel. Unpas.Ac.Id. http://repository.unpas.ac.id/40202/
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Dialihbahasakan oleh Bob Sabran Edisi 13. Erlangga.
Mahdi, I. (2018). Pengaruh Iklan Instagram Terhadap Minat Pengunjung Komunikafe di Makassar.
Moloku, S. O., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 98. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23568.98-106
Saputri, D., Mulyatini, N., & Basari, A. (2020). Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap BrandAwareness. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 82. https://jurnal.unigal.ac.id
Silvana, E. O. (2021). Pengaruh Iklan dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-COMMERCE Shopee (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung). Universitas Teknorat Indonesia.
Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., & Veronika, D. (2020). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Indonesian Business Review, 2(2), 233–248. https://doi.org/10.21632/ibr.2.2.233-248
Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian. AlfaBeta.
Sukma, B., & Rivaldo, R. (2022). Pengaruh Tagline Terhadap Brand Awareness Pada Software Invoice Paper.Id. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1705
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Supriyadi. (2012). Pengaruh Terpaan Berita Politik di Media Online Detik.com Terhadap Pengetahuan Dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. ANDI.
Ulvana, A. (2017). Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Konsumen Untuk Menjadi Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Pembantu Palembang (Vol. 110265). UIN Raden Fatah Palembang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i1.22989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â