Pengaruh Iklan di Media Sosial Instagram dan Tagline Berani Investasi terhadap Keputusan Pembelian di PT. Ajaib Sekuritas Asia

Idham Herlambang, Yuventius Tyas Catur Pramudi

Abstract


Marketing communication is considered capable of providing an important role for marketers. Especially in introducing products or services owned by the company to be then introduced to the wider community. Advertising is seen as a means that is considered the most effective way to influence a decision to buy or consume a product or service in the community. In an advertisement, there are many important components in conveying a message, one of which is the tagline. The tagline also plays an important role as the company's identity with the aim of being easily recognized by the community. This research was conducted to find out how the influence of advertising on social media Instagram and the tagline dare to invest on purchasing decisions at PT. Ajaib Sekuritas Asia using descriptive quantitative research methodology with a sample of 100 people who are also customers of Ajaib securities. The results showed that there was a relationship between advertising on Instagram and the tagline of daring to invest in purchasing decisions at PT Ajaib Sekuritas Asia. This can be seen from the results of the regression calculations obtained a value of 113,353 with a significance of 0.000 so that the hypothesis can be accepted. The results of this study indicate that promotions carried out through advertisements and taglines on social media Instagram are a very appropriate step taken by PT Ajaib Sekuritas Asia in promoting their company to all groups of people.

Komunikasi pemasaran dinilai mampu memberikan peranan yang penting bagi pemasar. Terlebih dalam mengenalkan produk atau jasa yang dipunyai oleh perusahaan tersebut untuk kemudian dikenalkan ke masyarakat luas. Iklan dipandang sebagai sebuah sarana yang dianggap paling efektif untuk mempengaruhi sebuah keputusan dalam membeli ataupun mengkonsumsi sebuah produk dan jasa didalam lingkungan masyarakat. Dalam sebuah iklan banyak sekali komponen penting dalam menyampaikan pesan salah satunya yaitu tagline. Tagline juga berperan penting sebagai identitas perusahaan dengan tujuan agar mudah dikenal oleh lapisan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan di media sosial instagram dan tagline berani investasi terhadap keputusan pembelian di PT. Ajaib Sekuritas Asia dengan menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 100 orang yang juga sebagai nasabah Ajaib sekuritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara iklan di media instagram dan tagline berani investasi terhadap keputusan pembelian di PT Ajaib Sekuritas Asia. Hal ini bisa dilihat dari hasil perhitungan regresi diperoleh nilai sebesar 113.353 dengan signifikansi 0.000 sehingga hipotesis dapat diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan melalui iklan dan tagline di media social instagram merupakan langkah yang sangat tepat dilakukan oleh PT Ajaib Sekuritas Asia dalam mempromosikan perusahannya ke semua golongan masyarakat.

Keywords


Iklan; Instagram; Tagline Berani Investasi; PT. Ajaib Sekuritas Asia

Full Text:

PDF

References


Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

K. Nur Mutia Sundawati. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas XI Pada Materi Sel. Unpas.Ac.Id. http://repository.unpas.ac.id/40202/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Dialihbahasakan oleh Bob Sabran Edisi 13. Erlangga.

Mahdi, I. (2018). Pengaruh Iklan Instagram Terhadap Minat Pengunjung Komunikafe di Makassar.

Moloku, S. O., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 98. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23568.98-106

Saputri, D., Mulyatini, N., & Basari, A. (2020). Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap BrandAwareness. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 82. https://jurnal.unigal.ac.id

Silvana, E. O. (2021). Pengaruh Iklan dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-COMMERCE Shopee (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung). Universitas Teknorat Indonesia.

Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., & Veronika, D. (2020). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Indonesian Business Review, 2(2), 233–248. https://doi.org/10.21632/ibr.2.2.233-248

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian. AlfaBeta.

Sukma, B., & Rivaldo, R. (2022). Pengaruh Tagline Terhadap Brand Awareness Pada Software Invoice Paper.Id. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1705

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Supriyadi. (2012). Pengaruh Terpaan Berita Politik di Media Online Detik.com Terhadap Pengetahuan Dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. ANDI.

Ulvana, A. (2017). Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Konsumen Untuk Menjadi Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Pembantu Palembang (Vol. 110265). UIN Raden Fatah Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i1.22989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â