TELAAH ABILITY GROUPING KELAS TAHFIDZ DI SDIT AL-ANIS

Umi Latifah, Purwanto Purwanto

Abstract


Pelaksanaan program tahfidz Al-qur’an dalam pendidikan Islam memiliki tantangan dalam menyusun pembelajaran yang efektif. Perbedaan latar belakang kemampuan yang dimiliki masing-masing individu, melalui ability grouping atau pengelompokan dapat meningkatkan hafalan Al-qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis studi kasus, bertujuan untuk mengetahui penerapan ability grouping dalam program kelas tahfidz di SDIT AL-Anis. Melalui strategi pengelompokan berdasarkan kemampuan (ability grouping) diterapkan dalam proses pembelajaran tahfidz, serta dampak terhadap pendidikan dan karater siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan ability grouping dalam program tahfidz memberikan dampak yang positif dan signifikan. Pengelompokan berdasarkan tingkat kemampuan hafalan menjadikan proses pembelajaran yang efektif.

The implementation of the Al-qur’an memorization program in islamic education has challenges in designing effective learning. Differences in the background of abilities possessed by each individual, trough ability grouping can improve memorization of the Al-qur’an. This study uses a qualitative approach and with a case study type, aims to determine the application of ability grouping in the tahfidz class program at SDIT Al-anis. Through the grouping strategy based on ability (ability grouping) applied in the tahfidz learning process, as well as the impact on student education and character. The results of the study show that the application  of ability grouping in the tahfidz program has a positive and significant impact. Grouping based on the level of memorization ability makes the learning process affective.


Keywords


Ability Grouping, Tahfidz, Al-Qur’an, Sekolah Dasar, Karakter Islami

Full Text:

PDF

References


Amelia, and Siti Maryam Ulfa. (2024). “Pembelajaran Tahfidz Alqur’an Dalam Penanaman Karakter Islami.” Cemara Education and Science 2 (1): 16–30. https://doi.org/10.62145/ces.v2i1.67.

Anton, Sahid Maulana Sidiq, Rismayanti, Elih Herliana, Hani Siti Nuraeni, and Muhammad Rifqi Mustofal Fauzi. (2024). “Upaya Untuk Menjadi Generasi Pecinta Al-Quran.” JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1 (2): 1099–1108.

Ayu, Sovia Mas, and Junaidah Junaidah. (2020). “Implementasi Ability Grouping Kelas Unggul MTs Negeri 2 Bandar Lampung.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 10 (2): 181–93. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7529.

Maulana A, Andewi Suhartini, Anisah Fitri Melenia. (2024). “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SD RABBANI BANDUNG” 4:2020–25.

Muliati Handayani. (2020). “Upaya Guru Dalam Membentuk Generasi Qur’ani Pada Siswa Program Tahfidz Al-Qur’an.” Jurnal Penelitian Pendidikan 37 (1): 1–5.

Risdiyanto, R. (2021). “Pengelompokan Berdasarkan Kemampuan (Ability Grouping) Dan Dampaknya Bagi Peserta Didik.” Inovasi Kurikulum 18 (1): 73–81. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.36405.

Rohmah, Nur, and Tatik Swandari. (2021). “Manajemen Program Tahfidz Dalam Pengembangan Karakter Siswa.” Jurnal Studi Kemahasiswaan 1 (2): 199–211. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna.

Rustiana, Dewi, and Muhammad Anas Ma`arif. (2022). “Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa.” Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1 (1): 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2.

Syahid, Akhmad. (2019). “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (1): 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389.

Wibowo, Doddy Hendro. (2015). “Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Psikologi Undip 14 (2): 148–59. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.148-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.500-510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id