PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI NGALIYAN 02 SEMARANG

Sindiyantika Sutta, Fitria Dwi Prasetyaningtyas

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah karena tingkat pemahaman dan pencapaian belajar siswa terhadap materi mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai. Oleh karena itu, fokus utama dalam penelitian ini adalah pengembangan media ajar berbentuk pop-up book untuk membantu peningkatan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Ngaliyan 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas penggunaan media pop-up book dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan (R&D) yang dilakukan berdasarkan acuan dari suatu model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian dilakukan di SDN Ngaliyan 02 Semarang dengan melibatkan 23 siswa kelas II. Validasi media berasal dari hasil penilaian yang diberikan pakar media dan pakar materi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) buku ajar berbentuk pop-up memperoleh skor kelayakan sebesar 85% serta penilaian materi dengan capaian 91%, yang berarti media tersebut layak digunakan dalam pembelajaran; (2) terdapat peningkatan signifikan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai pretest 30% dan nilai posttest meningkat 96% setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil tersebut, media pop-up book dinyatakan mampu membantu siswa memahami materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: pop-up book, nilai-nilai Pancasila, research and development.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Yustiana, S., & Kesuma, N. P. (2021). The development of pop-up book learning media in Pancasila materials based on local wisdom at elementary school. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(1), 57.

Anggraini, D., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 610-619.

Annisa, N. F. (2024). PERANCANGAN BUKU POP UP TENTANG HEWAN LAUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERCERITA UNTUK ANAK PAUD INTAN (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama).

Ariyani, Y. D., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan pop up book berbasis karakter nasionalisme sebagai upaya meningkatkan literasi siswa SD. Elementary school: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 50-â.

Asiah, K. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA MURID LOW VISION DI SLB NEGERI I BIMA.

Astuti, I. D., Abrianto, A. M., & Dwilaksana, I. N. (2022). Cek-Prodaku: Standarisasi Mutu Produk Halal Umkm Untuk Memenuhi Pasar Global. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 196-204.

Budiyanto, S., & Laila, F. (2024). Developing the Local Wisdom-Based Pop-Up Book for Fifth-Grade Students. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(02), 102-109.

Damayanti, P. Y., & Putra, M. (2021). Pop-Up Book Learning Media on the Pancasila and Civic Education Learning Content. International Journal of Elementary Education, 5(1), 166-174.

Dewi, S. M., Sofyan, D., & Priyono, A. (2022). Pop-Up Book Learning Media for Nationalism Character Building. International Journal of Elementary Education, 6(1), 10-17.

Firdayani, C. U., Sunaryo, H., & Rosalia, L. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Aplikasi Comica Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2141-2153.

Komari, M., Widiyaningrum, P., & Partaya, P. (2022). Development of Pop Up Book To Increase Interest and Learning Outcomes. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 22-29.

Lestari, L., Souhoka, R., Wattimury, I., Tuamain, K., Lainsamputty, J. M., Sairiltiata, S., ... & Salow, G. (2023). Pelatihan Pembuatan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPA Bagi Guru SD Kristen Upunyor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(2), 183-190.

Moerti, T. D., Hermalia, L., PK, G. D. R., Kinanthi, N. P. R., Sobirin, M., & Hilyana, F. S. (2023). Pengembangan Media Belajar POP UP BOOK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 11364-11374.

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up book materi bangun ruang pada muatan pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469.

Putri, V., & Romadhona, M. (2023). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP UP TENTANG SHALAT UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN. SYNAKARYA-Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(2).

Rofiah, N. H., Budiyono, B., & Dewi, R. (2024). Learning media using Pop-up Book “Variety of traditional houses in Indonesia” as alternative media in Pancasila Education for primary school. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(1), 116-126.

Saroro, E. K., & Wardhani, I. S. (2024). Media Pembelajaran Inovatif. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(4), 222-233.

Sitorus, S. J., & Iskandar, R. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas II di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 967-982.

Srimaharani, N. N. C., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, D. K. N. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa IV SD. Journal on Education, 5(3), 9922-9929.

Supariyadi, T., Mahfud, I., & Aguss, R. M. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. J. Arts Educ, 2(2), 60-71.

Tanjung, A., Siregar, N. H., & Munthe, A. R. (2023). Kajian tentang uji hipotesis penelitian perbandingan menggunakan statistika non parametrik dalam penelitian satatistik sosial. Jurnal Bakti Sosial, 2(1), 87-97.

Tsaniya, K. S., Nafis, O. Z., Rosaifa, F. E., Widodo, S. T., & Wahyuni, N. I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN 01 SEMARANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1452-1460.

Uran, N. H. K., Yeyen, Y. Y., & Agung, B. H. (2024). Analisis Penggunaan Alat Peraga Mobil Tenaga Surya sebagai Media Pebelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Energi Alternatif. Journal on Education, 6(3), 15912-15920.

Wulandari, O. A., & Wardhani, I. S. (2024). MEDIA DAN GAYA BELAJAR SISWA: STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.364-374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id