EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Hafshah Inarotud Duja, Hartono Hartono, Emilia Prasida Sari, Aini Silvi Nurrahmatin

Abstract


Kepercayaan diri merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan pada peserta didik untuk menunjang keberhasilan akademik dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik modelling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design pada siswa kelas X di SMAN 15 Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 7 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui skala kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling sebanyak tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 29.0. Hasil analisis menunjukkan nilai Z = -2,384 dengan tingkat signifikansi 0,017 yang berarti terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa secara signifikan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Seluruh subjek mengalami peningkatan skor setelah intervensi dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar layanan konseling kelompok dengan teknik modelling dapat dimanfaatkan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di sekolah.

 


Keywords


Konseling Kelompok; Modelling; Kepercayaan Diri Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Dianti, Y. (2017). Kisi-Kisi Kuesioner Kepercayaan Diri Yang Diujicobakan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., (29), 5–24. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP negeri 2 toma tahun pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU

Hutomono, S. (2011). Obervasional Learning: Metode Psikologis yang dilupakan dalam Psikologis Olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11. (2), 25-35

Jauhar, Muhammad. 2013. Buku Pintar Tes Psikometri. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya Pangestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran

matematika. MAJU, 8(1), 2579–4647

Pulaski Community Partners Coalition, 2003. Nurture in young people a commitment (dalam Hidayat, 2013)

Rahayu,Yofita, Aprianti. 2013. Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Sutanti, T. (2015). Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 188–198.

Yusuf, S & Nurihsan, J. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya.

Yusuf, S. (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.472-478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id