MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MINAT BELAJAR IPAS: PRAKTIK PEMBELAJARAN BERMAKNA DI SEKOLAH DASAR

Obaja Bernas Agung Soediro, Mohammad Ali Yafi, Diyah Nur Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media pembelajaran berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendekatan pembelajaran yang kontekstual, multimodal, dan bermakna dalam menyampaikan materi IPAS yang bersifat abstrak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, termasuk proses koding untuk membentuk tema-tema utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual mampu meningkatkan pemahaman konsep, antusiasme belajar, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, ditemukan adanya peningkatan hasil belajar yang berkaitan dengan peningkatan minat siswa. Namun, penelitian ini juga mengungkap tantangan dalam pelaksanaan, seperti keterbatasan penguasaan teknologi oleh guru, kendala teknis, serta variasi kemampuan literasi digital siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar media audio visual dirancang secara pedagogis dan diintegrasikan secara terencana dalam pembelajaran IPAS untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan inklusif.  


Keywords


Media Pembelajaran; Audio Visual; Minat Belajar; IPAS; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adam, Adiyana. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa SD. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027

Agustin, Riska, Nurmalina, Nurmalina, & Noviardila, Iska. (2021). Peranan media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran guru dalam perkembangan teknologi pendidikan di era digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Anggraeni, Sri Wulan, Alpian, Yayan, Prihamdani, Depi, & Winarsih, Euis. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa SD [development of video-based interactive learning multimedia to increase learning interest of elementary school students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran media pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. Retrieved from https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933

Febriyanti. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.

Friday, K., & Olube, M. .. (2015). Primary School Pupils’ Response to Audio-Visual Learning Process in Port-Harcourt. Journal of Education and Practice, 6(10), 118–123. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1773231426?accountid=13042

Gil Izquierdo, María, Cordero Ferrera, José Manuel, & López, Víctor Cristóbal. (2018). Las estrategias docentes y los resultados en PISA 20151. Revista de Educacion, 2017(379), 32–51. https://doi.org/10.4438/1988-592X-RE-2017-379-368

Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & ... (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19. … Nasional Penelitian LPPM …, 1–5. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7868

Korompot, Salim, Rahim, Maryam, & Pakaya, Rahmat. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Mayer. (2009). T He G Rowing I Nterdependence Between. October, (195), 1–8. Retrieved from http://unctad.org/en/Docs/osgdp20093_en.pdf

Miles dan Hubberman. (2017). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode Baru. Jakarta. UI Press.

Rahayu, Listia, Dewi, Ratna Sari, Hakim, Zerri Rahman, Keguruan, Fakultas, Sultan, Universitas, & Tirtayasa, Ageng. (2023). E d u k a s i. 15(02), 295–306.

Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna, Inanna, & Ampa, Andi Tenri. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rozaq, A. R. I., Khoiriyah, B., & ... (2023). Implementasi media pembelajaran Audio Visual Untuk meningkatkan minat Belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTS Daarul Ihya …. Mozaic: Islam Nusantara, 9(2), 40–54. Retrieved from https://www.journal.unusia.ac.id/index.php/mozaic/article/view/848

S.Winataputra, Prof. Dr. Udin. (2019). Hakikat belajar dan pembelajaran. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.

Sappaile. (2020). The Impact of Online Learning on Student Motivation in Science and Biology Classes. Journal of Elementary Education, 13(1), 73–87. https://doi.org/10.18690/rei.13.1.73-87.2020

Setiawan, Habil Eka, Info, Article, Media, Audio Visual, Interest, Learning, & Display, Liquid Crystal. (2025). Students ’ Learning Interests With Audio-Visual Media In PJOK Subjects. 4(2), 255–262.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.375-385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id