KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR DI ERA KURIKULUM MERDEKA: KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS
Abstract
Kurikulum Merdeka menuntut guru Sekolah Dasar (SD) untuk memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Kajian literatur sistematis ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis keterampilan dasar yang diperlukan guru SD dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan meliputi penelusuran, seleksi, dan analisis literatur dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru SD perlu menguasai beragam keterampilan, antara lain: (1) pedagogik, meliputi pembelajaran berpusat pada peserta didik, asesmen holistik, dan pembelajaran berbasis proyek; (2) teknologi, meliputi literasi digital dan pemanfaatan platform pendidikan; (3) sosial-emosional, meliputi empati, komunikasi efektif, dan manajemen kelas positif; dan (4) kepemimpinan, meliputi kemampuan berinovasi, kolaborasi, dan advokasi. Pengembangan profesional guru yang berkelanjutan diperlukan untuk memastikan implementasi Kurikulum Merdeka yang efektif.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, keterampilan dasar guru, Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zaenal. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis.” Profesi Pendidikan Dasar 7 (1): 37–52.
Adib, Hamdan. 2023. “Dampak Faktor Emosional Guru Dalam Pengambilan Keputusan.” Jurnal Pendidikan Edukasi Anak 2 (2): 166–78.
Ashari, Muhammad Khakim, Sukijan Athoillah, and Moh Faizin. 2023. “Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi Pada Sekolah Menengah Atas Di Era Digital: Systematic Literature Review.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6 (2): 132–50.
Cabrera, Derek, and Laura L Cabrera. 2023. “The Steps to Doing a Systems Literature Review (SLR).” Journal of Systems Thinking Preprints.
Cynthia, Riries Ernie, and Hotmaulina Sihotang. 2023. “Melangkah Bersama Di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 31712–23.
Farhana, Ika. 2023. Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas. Penerbit Lindan Bestari.
Gunadi, Gugun, and Dedeh Sumarni. 2023. “Menilai Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus Di SD Cisarua.” Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar 2 (1): 28–38.
Hariyono, Hariyono, Vera Septi Andrini, Renny Threesje Tumober, Lalu Suhirman, and Febriani Safitri. 2024. Perkembangan Peserta Didik: Teori Dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik Pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayat, Ayi Najmul, Nendi Wahyudi, and Irma Rismawati. 2025. “IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SD NEGERI CISEUREUH.” Jurnal Tahsinia 6 (1): 11–26.
Hidayati, Wiji, Niken Praptiwi, Arif Abdurravif, Arif Ihsannudin, and Salma Aulia. 2024. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Inovasi Guru Dalam Memenuhi Keragaman Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Yogyakarta.” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 6 (2): 129–42.
Hidayatullah, Nurfitri, Sufyarma Marsidin, and Sulastri Sulastri. 2022. “Studi Literatur: Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (6): 10980–86.
Hulu, Yuniman. 2021. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa.” JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 4 (1): 18–23.
Isrotun, Umi. 2022. “Proses Pembelajaran Melibatkan l Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.” In Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2:312–21.
Jafnihirda, Lika, Suparmi Suparmi, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, and Kesi Eka Pratiwi. 2023. “Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3 (1): 227–39.
Khasanah, Ismiatul, Muhammad Maskur Musa, Juwita Rini, and others. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 2:22–34.
Mahrus, Mahrus. 2024. “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Teori Dan Praktek Pendidikan Agama Islam.” Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1): 127–31.
Manurung, Alberth Supriyanto, Erry Utomo Fahrurrozi, and Gumgum Gumelar. 2023. “Implementasi Berpikir Kritis Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa.” Jurnal Papeda 5 (2).
Martatiyana, Diana Rossa, and Faisal Madani. 2023. “Penerapan Asesmen Autentik Dalam Praktikum Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (4): 1741–60.
Mashudi, Mashudi. 2021. “Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 4 (1): 93–114.
Maulia, Safira. 2023. “Peran Komunikasi Efektif Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD).” Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (1).
Memon, Jamshed, Maira Sami, Rizwan Ahmed Khan, and Mueen Uddin. 2020. “Handwritten Optical Character Recognition (OCR): A Comprehensive Systematic Literature Review (SLR).” IEEE Access 8:142642–68.
Mesra, Romi. 2023. “Strategi Pembelajaran Abad 21.”
Milidar, Khima. 2024. “Inovasi Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Interaktif Untuk Generasi Milenial.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7 (2): 6275–84.
Millati, Izzah, and others. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0.” Journal of Education and Teaching (JET) 2 (1): 1–9.
Nurjanah, Erlintang Alfin, and Rochman Hadi Mustofa. 2024. “Transformasi Pendidikan: Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada 3 SMA Penggerak Di Jawa Tengah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 (1): 69–86.
Puteri, Anggiet Noviana, Nono Hery Yoenanto, and Nur Ainy Fardana Nawangsari. 2023. “Efektivitas Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8 (1): 77–87.
Rahmawati, Risma. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 6.
Rohmah, Nafiah Nur Shofia, Sabar Narimo, Choiriyah Widyasari, and others. 2023. “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (3): 1254–69.
Setiawan, Zunan, I Made Pustikayasa, I Nyoman Jayanegara, I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan, I Nyoman Agus Suarya Putra, I Wayan Adi Putra Yasa, Wina Asry, et al. 2023. PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep Dan Aplikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Suprayitno, Muhammad Aji, and Agoes Moh Moefad. 2024. “Peran Pendidikan Islam Terintegrasi Dalam Pembentukan Karakter Dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim Di Era Globalisasi.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (2): 1763–70.
Tuerah, Roos M S, and Jeanne M Tuerah. 2023. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (19): 979–88.
Widoningrum, Wulandari Kusuma, Dini Rahmawati, and Arri Handayani. n.d. “Desain Kurikulum Yang Fleksibel Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada TK Pangudi Luhur Vincentius.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 17 (1): 83–88.
Wijayanti, Fitri, Alfi Hidayatu Miqawati, Agus Setia Budi, Cholimatus Zuhro, and Nila Susanti. 2023. “Pelatihan Variasi Asesmen Yang Menyenangkan Bagi Guru-Guru Di MGMP Bahasa Inggris.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 3 (4): 170–75.
Yulianto, Tri, Nopri Dwi Siswanto, Hasbi Indra, and Abdul Hayyie Al-Kattani. 2024. “Analisis Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Lembaga Pendidikan.” RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6 (3): 1349–58.
Yusuf, Muhammad, Dwi Julianingsih, Tarisya Ramadhani, and others. 2023. “Transformasi Pendidikan Digital 5.0 Melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2 (1): 11–19.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.348-363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id