PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SENI BUDAYA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT

Rasyid Ahmad Sofi, Poppy Purnamasari, Reynaldo Adrian Muda Sijabat, Putri Ameilia Haryono, Putri Novanicha, Ngadiono Ngadiono, Arif Hidajad

Abstract


Penelitian ini menggunakan teknik pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk mengembangkan kapasitas kognitif siswa kelas VIII F pada mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 34 Surabaya. Kurikulum Mandiri Seni Budaya mendukung pembelajaran berbasis kerja dan debat kelompok. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi maupun refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F dengan jumlah siswa 27 orang. Data diperoleh dengan cara observasi, tes, dan pencatatan serta dianalisis secara statistik dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan teknik pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan kapasitas kognitif siswa kelas VIII F pada mata pelajaran Mengenal dan Mengolah Bahan Warna Alam secara signifikan. Ketuntasan belajar pada siklus 1 sejumlah 51,8% dan pada siklus 2 sebesar 85,14%. Teknik pembelajaran kooperatif model TGT terbukti mampu memenuhi kebutuhan siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.


Keywords


kognitif; seni budaya; kooperatif; TGT

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Harry, K. D., Adha, H., Lestari, T. D., Sabila, I. H., & Widya. (2023). Strategi Pembelajaran Efektif Di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 554–559. https://doi.org/10.5281/zenodo.10129165

Ilhami, A. (2022). IMPLIKASI TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605–619. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6564

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119

Janah, A. N., & Fitriani, L. (2023). Model Kooperatif Learning Berbasis TGT (Teams Games Tournament) Dalam Pembelajaran Mufrodat Di MTs El Jasmeen Malang. IHTIMAM: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 6, Nomor 2, 28–38.

Larasati, D. A., & Aini, I. N. (2022). ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT. Volume 5, No 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1015-1022

Muhammad, & Ulfa, M. (2024). Implementasi Perencanaan Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di MTs Jauharotul Huda Jakarta). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Volume 1, Nomor 2, 218–223.

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Nissa, I. C. (2022). EDUKASI INTEGRASI HOTS DALAM PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA GURU SD PROGRAM PPG. 2(4).

Rahma, N., Oktaviana, N. I., Fadhilah, P. N., Apriliani, D., Mulyati, M., & Marini, A. (2023, Oktober). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dalam Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora.

Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). PSIKOLOGI KOGNITIF (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56–69. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205

Roni Hamdani, A., Dahlan, T., Indriani, R., & Ansor Karimah, A. (2022). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 751–763. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.252

Selvia, D. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(2), 47–55. https://doi.org/10.31539/spej.v4i2.1899

Stiadi, E., & Lestary, R. (2023). Workshop Penerapan Model Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Kahoot bagi Guru MGMP SMA Bengkulu. 1(2), 30–36.

Zakiya, L. N. (2025). Implementasi Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Pada Pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. 1(2), 168–175.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.264-272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id