HUBUNGAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 1 MEJAYAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, N. T., & Simanungkalit, S. F. (2021). Hubungan Pendapatan Orangtua, Kebiasaan Sarapan dan Asupan Zat Besi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia 13-15 Tahun. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(2), 162–170. https://doi.org/10.22487/ghidza.v5i2.246J.
Daeli N., Kurniawan, L. A., & Eriza, I. (2024). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Abdi Karya Kota Bekasi. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 475–482. https://doi.org/10.61787/977c7892
Deswalantri, Beribe, M. F. B., Riyanti, Prayitno, H., & Sintesa, N. (2024). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diakses pada tanggal 04 April 2025, dari https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2863Eli, W. O. (2019).
Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 25 Kepulauan Selayar Kecamatan Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, 6(2), 37–48. Diakses pada tanggal 04 April 2025, dari https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/515
Fadlan, A. (2022). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 81–88. https://doi.org/10.21107/pamator.v15i1.14064
Handayu, A. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Sarana dan Prasarana, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri Selat Baru di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Kindai, 19(1), 060-069. https://doi.org/10.35972/kindai.v19i1.975
Hidayat, M. Y., A, N. A., & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMAN 17 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 2355–5785. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.7837
Lelono, A. R., & Duling, J. R. (2018). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dan Minat Belajar Siswa Tahun Ajaran SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(1), 20–26. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pts/article/view/2388
Manoppo, A. J., & Bolung, F. I. (2019). Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Pada Prestasi Akademik. Jurnal Nutrix, 3(1), 42. https://doi.org/10.37771/nj.Vol3. Iss1.393
Nalda, S. A., & Mustika, D. (2023). Hubungan Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5592
Nor, M., Haidar, K., & Sutrisno, S. (2022). Hubungan Pendapatan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Muara Muntai. Studi Pendidikan: Seri Konferensi, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1187
Nur'azizzah, N., dan Maharani, A. (2023). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AdMathEdust: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 10(2), 41–49. https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26143
Palupi, T. N. (2021). Tingkat Stres Ibu dalam Mendampingi Siswa Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.37721/psi.v9i2.752
Putri, R. A., Fernanda, A., Permata, M., dan Salianto. (2024). Analisis Dampak Bekerja Paruh Waktu Terhadap Prestasi AkademikPada Mahasiswa K3C Semester VI UIN Sumatera Utara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 8119–8126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30177
Rahmawati, R. O., & Sayekti, I. C. (2023). Pendapatan Orang Tua terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 209–217. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59744
Rosmawati, R., dan Meilani, R. Saya. (2019). Kontribusi mata pelajaran produktif dalam membangun kesiapan kerja siswa smk di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 94. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14960
Sari, Y. A., Zainiyah, Z., & Nurtamam, M. E. (2025) Literatur review: Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 79–85. https://doi.org/10.20961/jpd.v13i1.100683
Schober, P., Boer, C., & Schwarte, L. A. (2018). Koefisien Korelasi: Penggunaan dan Interpretasi yang Tepat. Anestesi & Analgesia, 126(5), 1763-1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864
Sulthani, D. A., dan Murtadho, A. (2024). Pengaruh Jenjang Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 26 Jakarta. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 152–165. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i2.97
Victoria, A. (2022). Pengaruh antara Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(4), 616. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i4.587
Wahdah, A. Z., & Malasari, P. N. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Jurnal Aksi Fokus Penelitian Matematika (Faktor M), 4(2), 123-138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.257-263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id