HUBUNGAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 1 MEJAYAN

Tony Firlani, Warju Warju, Lilik Anifah, I Gusti Putu Asto Buitjahjanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa jurusan teknik ototronik SMKN 1 Mejayan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto untuk menganalisis pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dengan jumlah responden 74 siswa yang diambil secara random sampling. Analisi data menggunakan uji Chi-Square dan koefisien kontingensi untuk melihat hubungan dan kekuatan hubungan antara variabel pendidikan ibu (X1) dan variabel pendapatan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan variabel pendidikan ibu tidak terdapat hubungan (p=0,569), terdapat hubungan pada variabel pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa (p=0,005) dengan kekuatan hubungan sebesar 0,356 (35,6%). Hasil ini membuktikan bahwa pendapatan orang tua dapat memberikan pengaruh terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar siswa jurusan teknik ototronik SMKN 1 Mejayan

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. T., & Simanungkalit, S. F. (2021). Hubungan Pendapatan Orangtua, Kebiasaan Sarapan dan Asupan Zat Besi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia 13-15 Tahun. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(2), 162–170. https://doi.org/10.22487/ghidza.v5i2.246J.

Daeli N., Kurniawan, L. A., & Eriza, I. (2024). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Abdi Karya Kota Bekasi. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 475–482. https://doi.org/10.61787/977c7892

Deswalantri, Beribe, M. F. B., Riyanti, Prayitno, H., & Sintesa, N. (2024). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diakses pada tanggal 04 April 2025, dari https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2863Eli, W. O. (2019).

Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 25 Kepulauan Selayar Kecamatan Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, 6(2), 37–48. Diakses pada tanggal 04 April 2025, dari https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/515

Fadlan, A. (2022). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 81–88. https://doi.org/10.21107/pamator.v15i1.14064

Handayu, A. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Sarana dan Prasarana, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri Selat Baru di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Kindai, 19(1), 060-069. https://doi.org/10.35972/kindai.v19i1.975

Hidayat, M. Y., A, N. A., & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMAN 17 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 2355–5785. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.7837

Lelono, A. R., & Duling, J. R. (2018). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dan Minat Belajar Siswa Tahun Ajaran SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(1), 20–26. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pts/article/view/2388

Manoppo, A. J., & Bolung, F. I. (2019). Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Pada Prestasi Akademik. Jurnal Nutrix, 3(1), 42. https://doi.org/10.37771/nj.Vol3. Iss1.393

Nalda, S. A., & Mustika, D. (2023). Hubungan Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5592

Nor, M., Haidar, K., & Sutrisno, S. (2022). Hubungan Pendapatan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Muara Muntai. Studi Pendidikan: Seri Konferensi, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1187

Nur'azizzah, N., dan Maharani, A. (2023). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AdMathEdust: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 10(2), 41–49. https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26143

Palupi, T. N. (2021). Tingkat Stres Ibu dalam Mendampingi Siswa Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.37721/psi.v9i2.752

Putri, R. A., Fernanda, A., Permata, M., dan Salianto. (2024). Analisis Dampak Bekerja Paruh Waktu Terhadap Prestasi AkademikPada Mahasiswa K3C Semester VI UIN Sumatera Utara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 8119–8126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30177

Rahmawati, R. O., & Sayekti, I. C. (2023). Pendapatan Orang Tua terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 209–217. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59744

Rosmawati, R., dan Meilani, R. Saya. (2019). Kontribusi mata pelajaran produktif dalam membangun kesiapan kerja siswa smk di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 94. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14960

Sari, Y. A., Zainiyah, Z., & Nurtamam, M. E. (2025) Literatur review: Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 79–85. https://doi.org/10.20961/jpd.v13i1.100683

Schober, P., Boer, C., & Schwarte, L. A. (2018). Koefisien Korelasi: Penggunaan dan Interpretasi yang Tepat. Anestesi & Analgesia, 126(5), 1763-1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864

Sulthani, D. A., dan Murtadho, A. (2024). Pengaruh Jenjang Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 26 Jakarta. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 152–165. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i2.97

Victoria, A. (2022). Pengaruh antara Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(4), 616. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i4.587

Wahdah, A. Z., & Malasari, P. N. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Jurnal Aksi Fokus Penelitian Matematika (Faktor M), 4(2), 123-138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.257-263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id