PENGEMBANGAN E-BOOK EKOSISITEM HARMONIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Liya Fauzul Muna, Muhamad Afandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-book interaktif pada materi ekosistem untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Tajemsari dengan jumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest untuk mengetahui efektivitas media. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji Paired Sample T-Test. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-book interaktif tergolong sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Respon guru dan siswa terhadap media menunjukkan kategori sangat praktis. Hasil pengujian efektivitas menunjukkan peningkatan nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil uji statistik dengan Paired Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, dengan taraf signifikansi 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan peningkatan rata-rata 20,4 poin, e-book interaktif meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar tentang materi ekosistem. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 72, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 92,4.


Keywords


E-book Interaktif, Literasi Sains, Materi ekosistem, Sekolah Dasar, Pengembangan Media

Full Text:

PDF

References


Afriwardani, P., Jumadi, J., & Pribadi, F. O. (2023). Development of Interactive Physics E-Book to Reduce Student Misconception. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2018–2024. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1854

Priyambodo, S., Pokhrel, S., Zakiyah, W. I., Dwiningsih, K., Santos, M. L., Prudente, M., Markhaichuk, M., Panshin, I., Hasanah, U., Sudira, P., Niswah, F., Nisa’, R., Promises, P., Challenges, P., Rahmawati, D., Hidayati, Y. M., Riandeni, A., Wyman, O., Wang, C., … Oyok Tati Risalah. (2022). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Αγαη, 5(2), 142. https://doi.org/10.53712/sigma.v7i2.1405

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553

Shofia, R. N., Rakhmawan, A., Tamam, B., Wahyuni, E. A., & Hadi, W. P. (2024). PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN E-MAGAZINE ECO EXPLORER. In Jurnal Natural Science Educational Research (Vol. 7, Issue 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.386-398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id