INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERDIFERENSIASI BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENDUKUNG PENGALAMAN BELAJAR SISWA

Titis Nurrusama Nilakandi, Irnawati Irnawati

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis penerapan integrasi multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila berdiferensiasi dalam mewujudkan pengalaman belajar siswa SMPN 16 Surabaya. Metode penelitian secara kualitatif dengan studi kasus melalui observasi, wawancara, dan angket. Data diproses melalui reduksi, dan disajikan dalam narasi dan visualisasi data. Hasil menunjukkan integrasi multimedia dan pendekatan berdiferensiasi efektif mendukung pengalaman belajar siswa, yang membuat siswa terlibat aktif, menyukai proses pembelajaran karena sesuai preferensi gaya belajarnya, serta responsif dalam berperilaku dan bertindak saat pembelajaran, sekaligus suasana kelas pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi lebih interaktif, kreatif, menyenangkan.

Keywords


Pendidikan Pancasila; Multimedia; Diferensiasi; Pengalaman Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Achadi, M. W. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Al Ghazali, 1(2), 152-167. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/72

Ainun, S. I., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran nilai Pancasila sebagai landasan Pendidikan moral bagi generasi muda. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9039-9044. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2418

Ariyani, R., Montessori, M., Ananda, A., & Rafni, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru Penggerak PPKn. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(3), 508-516. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.490

Cahaya, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Siswa Di Kelas VII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi (Skripsi, Universitas Jambi).

Eddison, A., Hariyanti, H., & Hambali, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pancasila Pada Guru MGMP PPKn SMA/SMK. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1), 67-76. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/10556/0

Gurian, M., & Stevens, K. (2004). With boys and girls in mind. Educational leadership, 62, 21-27.

Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, hlm. 85-139). Academic Press. https://doi.org/10.1016/S0079-7421(02)80005-6

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak warga negara dalam memperoleh pendidikan dasar di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i3.2602

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan kewarganegaraan undiksha, 9(1), 33-41. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424

Omona, J. (2013). Sampling in qualitative research: Improving the quality of research outcomes in higher education. Makerere Journal of Higher Education, 4(2), 169-185. https://doi.org/10.4314/majohe.v4i2.4

Rahayu, I. A., Putra, S. R., Chamalah, E., & Sudiyati, S. (2025). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Teks Prosedur Kompleks Kelas XII MIPA 3. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 5(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.41142

Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K. Z., & Frasandy, R. N. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 1-14. https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p1-14

Rehi, F. D., Chotimah, N., & Kpalet, P. (2021). Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran PPKn. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(1), 1-5. https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.4821

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tomlinson, C. A., & Strickland, C. A. (2005). Differentiation in practice: A resource guide for differentiating curriculum, grades 9-12. ASCD.

Zaman, A. Q., Irnawati, I., & Widyatama, P. R. (2023). PPKn teachers’ efforts in understanding students through the Merdeka Belajar curriculum. JED(Jurnal Etika Demokrasi), 8(4), 459-468. https://doi.org/10.26618/jed.v8i4.13077




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.181-191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id