PENERAPAN MEDIA SMART BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan media pembelajaran Smart Box di kelas V SDN 06 Belangko. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Smart Box mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya pada topik organ tubuh manusia. Peningkatan ini ditunjukkan oleh hasil tes belajar yang meningkat dari siklus I ke siklus II, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Smart Box efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Media pembelajaran, smart box, hasil belajar, IPA, sekolah dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Y. K., & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Pada Guru Dan Siswa. Jurnal Pendidikan.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian.
Aminah, S., & Yusmadi, E. (2024). Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil. Didaktika: Jurnal Kependidikan.
Anam, A. K. (2019). Efektifitas Penggunaan Smart Box Education Dalam Pemberian Penyuluhan Kesehatan Pada Pasien Gangguan Persyarafan Di Poli Syaraf. Journal Of Borneo Holistic Health.
Anggrayni, L., & Yulistianti. (2021). Efektivitas Rehabilitasi Pecandu Narkotika Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kejahatan Di Indonesia. Departemen Agama Ri, AlQur’an Per Kata, Tajwid Warna Robbani.
Benaquisto, L. (2008). The Sage Encyclopedia Of Qualitative Research Methods. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Bp, A. R., & Dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam.
Djamaluddin, D., & Wardana, D. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv. Kaaffah Learning Center.
Fahmi, & Dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Udik Indramayu Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata.
Festiawan, R. (N.D.). Belajar Dan Pendekatan.
Handayani Hsb, S. F., & Dkk. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smart Box Dalam Pembelajaran Bipa Pada.: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara.
Handayani Hsb, S. F., & Dkk. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smart Box Dalam Pembelajaran Bipa Pada. Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara.
Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning. Jurnal Refleksi Edu Katika.
Ikhwatun, & Dkk. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Media Smart Box Kelas Iv Sd. The Journal Of Multidisciplinary Research On Scientific And Advanced.
Jalals, Tm. Ed, P. D., & Dr. Ambiyar, M,Pd. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
John W. Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Research.
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Journal Of Multidisciplinary Studies.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Indonesian Journal Of Action Research.
Magdalena, I., & Dkk. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi.
Maradika, A. P., Kumalasari, E., & Dkk. (2023). Pengaruh Media Smart Box Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas Ii Sd Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah Pgsd Fkip Universitas Mandiri.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2189-2198.
Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Guided Discovery Dalam Materi Kerja Sama. Eissn.
Maulidiana, F., Wardana, L. A., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan Dan Energi Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Sdn Curahgrinting 1 Probolinggo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 16641675.
Mawarti, S. (2015). Memahami Hakikat Pembelajaran Dalam Islam. Jurnal Madania.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Psikomotorik. Humanika.
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Bojong Genteng: Cv Jeja, Anggota Ikapi.
Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa. Edukasia.
Oktaviana, E. (2022). Pengembangan Media Magic Box Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas V Di Sd/Mi. Skripsi.
Pratama, B. F., & Dkk. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Berbasis Explosion Box Materi Ipa Siklus Hidup Hewan Kelas Iv. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-7.
Putri, M. M. (2024). PENGARUH MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI KELOMPOK B1 DI TK PERTIWI 1 KABUPATEN MERANGIN (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumariani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa.
Rasulullah, D. B., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Pendikas.
Ritonga, M., & Dkk. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan. Jurnal Adimas.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16-17.
Saofah, T., & Dkk. (2025). Pengembangan Media Smart Box Berbasis Science Environment Technology. Ide Guru Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Sudarmanto, E., & Dkk. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Insani.
Sukmawati, F. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Sulastri, E., Supeno, & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5883 - 5890.
Winataputra, M. A., P. U. (N.D.). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Teori Belajar Dan Pembelajaran.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Su Medan, 1-13.
Zahra, J. O., & Dkk. (2024). Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas Iv Sd Materi Hak Dan Kewajiban. Jurnal Kependidikan.
Zahro, N. F., & Dkk. (2024). Uji Validitas Media Smart Box Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sumber Energi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pipa.gja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.126-135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id