PROFIL GERAKAN LITERASI DALAM PENGUKURAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis siswa Sekolah Dasar, khususnya di SD Negeri 08 Timonong, Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV yang terdiri dari lima siswa di atas KKM dan lima siswa di bawah KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS telah dilakukan melalui tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran, seperti kegiatan membaca 15 menit, penyediaan pojok baca, dan keterlibatan aktif guru. Meskipun program ini menunjukkan peningkatan kemampuan literasi siswa, masih terdapat kendala seperti keterbatasan ruang kelas, kurangnya variasi buku, serta belum optimalnya pemanfaatan perpustakaan. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi sekolah dan guru dalam mengevaluasi efektivitas program literasi serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis di tingkat sekolah dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796
Banurea, E. G. N., & Elza Leyli Lisnora Saragih. (2022). Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menulis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 182–191. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.556
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Gomes, A. N., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2024). Literasi Membaca Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 497–502. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8431
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643
Jatnika, S. A. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Junita, T. T., Ayu Wulandari, B., & Ali, M. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca Dan Menulis Di Sd Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 763–776. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1138
Khalid, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas Xi Man 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.253
Kresensiana Nou, Valensia Ota Beru, Maria Dela Yona, E. T. N. (2023). Penerapan Media Koliceruntuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membacadanmenulis Siswa Kelas Iii Sdk Wolomeli. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan (JCMP), 1(3), 27–33.
Magdalena Elendiana. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2).
Nur Berlian Venus Ali, M. S., IGN Made Budiana Setiawan, SS, M. S., Bambang Suwardi Joko, S. S., MM Ihya Ulumuddin, M. S., & Kaisar Julizar, S. S. (2019). Evaluasi program gerakan literasi sekolah (GLS). In RISTEK: Jurnal Riset, inovasi, dan Teknologi (Vol. 3, Issue 1).
Nuranjani, N., Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387–393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.511
Prayudha, A., Liana, N., Putri, D. S., & Noviyanti, S. (2023). Studi Literatur : Analisis Penggunaan Literasi Digital Terhadap Kesantunan Bahasa Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(5), 5724–5735.
Puji Rianto, SIP., M. (2021). Modul Meetode Penelitian Kualitatif. In Nuevos sistemas de comunicación e información.
Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Purnama, I., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Membentuk Karakter Gemar Membaca Siswa di SDN 5 Masbagik Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1951–1958. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.872
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–125.
Rafida, H., Samsudi, S., & Doyin, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4745–4755. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2884
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 450–461. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Rofiqoh Firdausi1, M. K. H. I. R. R. M. (2024). IMPLEMENTASIGERAKAN Literasi Sebagai Upaya Dalammeningkatkan Kemampuan Membaca,Menulis Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 2 Dan 5 Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Jatisari Tajinan. 3(1), 1–15.
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
Rozi, F., & Paputungan, M. (2023). Gerakan Literasi melalui Metode Pembelajaran Jolly Phonics Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis Anak. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3), 74–89. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20950
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162–171. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Sumarti, O. E., Jazeri, M., Nurina, ;, Manggiasih, P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0.
Tasekeb, D., Wardono, & Mulyono. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran MEA Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1), 559–563. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/339
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84
Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional PGSD, 1(1), 274–282. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.150-161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id