Pengaruh Game Based Learning Berbantuan Quizizz Papermode Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model Game Based Learning berbantuan media Quizizz Paper Mode pada muatan pelajaran IPAS Bab 4 materi Relief Bumi kelas 5. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berfokus terhadap satu kelas eksperimen yakni Pre Experimental Designs dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan statistic uji normalitas, uji paired sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian uji normalitas pretest ini adalah Dari test Shapiro Wilk nilai sig. = 0,027 > 0,05 maka data awal ini dapat dikatakan berdistribusi normal. Setelah dilakukannya uji normalitas posttest melalui tes Shapiro wilk nilai signifikansi yang diperoleh yaitu (nilai sig. = 0,021 > 0,05) maka data ini dapat dikatakan berdistribusi normal. Hasil Uji Paired Samplel T-Test dapat disimpulkan bahwa signifikansi yang diperolah 0.000 < a = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima Serta hasil Uji N-Gain mengalami pengingkatan sebesar 66%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayat, H., & Arfika, A. (2023). Analisis Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi di SDN 19 Woja. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(03), 19–27. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.33
Islam, K. R., Komalasari, K., Masyitoh, I. S., Juwita, J., & Adnin, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(3), 619. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640
Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.118-128
Kamila, J. T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan Guru dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013–10018. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4008
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Matlan, S. J., & Maat, S. M. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alternatif Penilaian Formatif dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(4), 217–227. https://doi.org/10.55057/jdpd.2021.3.4.18
Mufidah, R. N., Education, C. E., Maret, U. S., Efendi, A., Maret, U. S., Budiyanto, C. W., & Maret, U. S. (2019). I ndonesian J ournal of I nformatics E ducation The Effectiveness of Android Based Digital Arithmetic Learning Media. 3(2), 32–38.
Nur’Aini, F. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 249–255.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of Game-Based Learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1122533
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Al-Mudarris: Journal of Education, 7(1), 12–23. https://doi.org/10.32478/vg1nnv56
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679
Zainuddin, M., Mardianto, & Matsum, H. (2023). Development of Game-Based Learning Media on Islamic Religious Education Materials. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2824
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.43607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id