Sekolah Konvensional Berbasis Alam: Mendorong Kebebasan Belajar untuk Mencapai Mindful Learning

Adek Candra Nur Wijayanti, Sabar Kuswanto, Setyo Wuri Kartika Nugraheni, Jupriyanto Jupriyanto, Muhammad Darojat Bayu Adi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebebasan belajar yang diterapkan di School of Life Lebah Putih, sebuah sekolah konvensional berbasis alam, yang ternyata  menguatkan mindful learning siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan mengacu pada Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebebasan belajar yang diterapkan tidak bersifat memaksa, dan proses belajar yang dimulai dari keingintahuan siswa memiliki penguatan yang signifikan dalam menciptakan mindful learning. Dengan demikian, pendekatan ini memberikan dukungan yang kuat bagi siswa untuk terlibat secara aktif dan sadar dalam pembelajaran mereka.


Full Text:

PDF

References


Abdurrochim, P. L., Hanifah, N., & ... (2024). Pengaruh Pendekatan Mindful Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Kelas V Sekolah Dasar. … Sekolah Dasar, 8(2), 396–407. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Pgsd/Article/View/22704%0ahttps://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Pgsd/Article/Download/22704/8147

Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. Https://Doi.Org/10.36456/Incrementapedia.Vol4.No2.A6563

Amelia, O., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 34–39. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i1.1849

Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media Dan Bahan Pratikum Sains Di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium. Search: Science Education Research Journal, 2(2), 102–114.

Diarera, D., & Budiarti, W. N. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Diferensiasi: Menggali Konsep, Implementasi, Dan Dampaknya. 7(3), 2114–2121.

Fiantika, Feni Rita. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Inovasi, J., Pendidikan, P., & Vol, P. (2024). 1 2 3 4. 4(4), 1025–1035.

Langer, E. J. (2016). The Power Of Mindful Learning. Hachette Uk.

Mardianto, Y., Abdul Azis, L., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan Dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i5.1313-1322

Milles, Huberman, S. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Mukaromah, L. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di Tk Jogja Green School). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 85–95. Https://Doi.Org/10.53515/Cji.2020.1.2.85-95

Nirwana, S. (2024). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 3(2).

Novie Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V8i1.159

Nur, L., Syafitri, H., Nurhafidz, M. Y., & Rahman, M. H. (2024). Transformasi Pendidikan : Analisis Komprehensif Dari Era 1 . 0 Ke Era 5 . 0 Transformation Of Education : A Comprehensive Analysis From The 1 . 0 Era To The 5 . 0 Era. 2(1), 37–44.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Dengan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Pada Anak Tk. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Https://Journal.Uii.Ac.Id/Ajie/Article/View/971

Pradilia, A. D., Sudirman, A. A., Putalan, R., Gobel, M. R., & Yamin, M. (2024). Program Edukasi Ekosistem Laut : Membangun Generasi Penerus Yang Berwawasan Lingkungan Di Smk Negeri 2 Limboto. 5(4), 2218–2224.

Pratiwi, A. Z., Salamah, N. S. K., & Chadjijah, S. (2024). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam. 9, 327–351.

Putri, A., Hardi, Y., Alghiffari, E. K., & Hadi, D. (2024). Penerapan Teknik Mindfulness Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas. 3(03), 152–162. Https://Doi.Org/10.56741/Pbpsp.V3i03.733

Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M. A., Sabir, S. S., & Waseem, A. (2019). Case Study Method: A Step-By-Step Guide For Business Researchers. International Journal Of Qualitative Methods, 18, 1–13. Https://Doi.Org/10.1177/1609406919862424

Rini, C. R. S., & Rigianti, H. A. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Jogja Green School. 7, 265–274.

Sinulingga, R. S. B., Darmayanti, N., & Fadilah, R. (2024). Pengaruh Father Involvement Terhadap Resiliensi Dan Stres Akademik Siswa. 10(2), 1156–1172.

Sitopu, W. F. (2020). Pengaruh Pendekatan Mindful Learning Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas Viii Di Mts Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 78.

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Qosim : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V1i1.60

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). Https://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jip/Article/View/530%0ahttps://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jip/Article/Download/530/452

Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. 1–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.42458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id