Model Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Desimal Siswa Kelas VI SD

Dimas Hengki Asjudirja, Nuhyal Ulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI pada materi bilangan desimal. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan metode one group pre-test and post-test. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Megonten 1, berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur hasil belajar afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan aplikasi Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan peningkatan rata-rata nilai post-test dibandingkan pre-test. Selain itu, hasil angket menunjukkan peningkatan motivasi, partisipasi, dan minat belajar siswa, yang mencerminkan dampak positif pada ranah afektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournament berbantuan aplikasi Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bilangan desimal siswa kelas VI SD Negeri Megonten 1.


Keywords


Team Games Tournament, Wordwall, hasil belajar, bilangan desimal.

Full Text:

PDF

References


Ainurrohmah, I., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(2), 267. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.1725

Alamsah, G., Sadiah, A., & Nurdianti, R. R. S. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Global Education Journal, 1(3), 219–229. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.177

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 67–85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442

Budiarti, R. S., & Sadikin, A. (2015). 1 pengaruh kartu kwartet animalia dengan model tgt terhadap pemahaman materi taksonomi hewan siswa sman 8 kota jambi. I(September), 1–9.

Ina Kristiana, Atip Nurwahyunani, E. R. S. D. (2017). INFLUENCE OF TEAMS GAMES TOURNAMENT LEARNING MODEL USING PUZZLE MEDIA ON STUDENTS ’ ACTIVITY AND COGNITIVE. 6, 78–92.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nurhidayah, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMESTOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN Siti Nurhidayah. 2, 226–239.

Pulungan, R. O. T. (2023). Learning Obstacle Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bilangan Desimal. Journal of Professional Elementary Education, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i1.25

Purwanti, S., & Radianty, S. N. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Https://Jurnalfaktarbiyah.Iainkediri.Ac.Id/Index.Php/Sittah, 2–3.

Sholicha, M., Indrawati, V., Pangesthi, L., & Bahar, A. (2021). Jurnal Tata Boga Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. 10(2), 234–245. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.42263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id