Persepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek

Eka Rachma Kurniasi, Indra Martha Rusmana, Retariandalas Retariandalas

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Jika dikontekskan dengan Pendidikan tinggi berarti pembelajaran berbasis proyek harus berpusat pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa calon guru matematika terhadap pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek diterapkan pada mata kuliah matematika Inklusif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester enam pada program studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Penelitian berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aspek persepsi yang diukur adalah Proses pembelajaran, motivasi, dan kinerja. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif terhadap ketiga aspek tersebut. Proses pembelajaran berlangsung aktif, motivasi mahasiswa meningkat terhadap pemahaman teori yang disajikan, dan mahasiswa menghasilkan produk berupa bahan ajar digital dan alat peraga matematika bagi siswa berkebutuhan khusus slow learner.


Full Text:

PDF

References


Admawati, H., & Mutia, N. B. (2023). Perspektif Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dengan Model Project-Based Learning Pascapandemi Covid-19 Pada Kegiatan Penyusunan Modul Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 302–315.

Afifah, A., & Qomaria, N. (2018). Persepsi calon guru IPA dan Matematika terhadap pembelajaran berorientasi STEM. Natural Science Education Research, 1(2), 266–275.

Budiarti, M., Macqueen, S., Reynolds, R., & Ferguson-Patrick, K. (2021). Global project based learning as an approach to teaching the 4Cs in schools. Journal of International Social Studies, 11(1), 33–62.

Fatih, M. S. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Matematika pada Mahasiswa Pendidikan Guru. Jurnal Dunia Ilmu, 3(2).

Gusmanely Z, Cut Multahadah, W. S. (2023). The Implementation ff Project Based Learning Model To Improve Problem-SolvingAbility And Mathematics Coding System In Number Theory Course. Indonesian Journal Of Educational Research, 8(2), 86–90.

Gusmanely, Z., Yurinanda, S., & Sarmada, S. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA MATEMATIKA. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 433–443. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i2.4106

Kholijah, G., Sormin, C., & Gusmanely, Z. (2023). Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Peramalan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 209–220.

Mahendra, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 4(1).

Muqtada, M. R., Pradanti, P., & Subaidah, S. (2023). Perspektif Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 66–75.

Pradanti, P., & Muqtada, M. R. (2023). Students’ perceptions on learning, motivation, and performance through project-based learning: undergraduate students’ case. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 16–26.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Penidikan. PT Kharisma Putra Utama.

Siregar, T., Suparni, A. A., Adinda, A., & Nasution, M. (n.d.). KONSEP TRIGONOMETRI: PERSEPSI DAN PENGETAHUAN GURU PRA-KERJA (CALON GURU).

Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219

Yang, D., Skelcher, S., & Gao, F. (2021). An investigation of teacher experiences in learning the project-based learning approach. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 490–504.

Yurinanda, S., Multahadah, C., & Gusmanely, Z. (2023). PENERAPAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL 2. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 111–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3455

Yurinanda, S., & Rozi, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Matakuliah Matematika Diskrit untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Struktur Diskrit dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 666–679.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 285–293.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.37792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id