Studi Komparasi Hasil Pembelajaran Luring dan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Bahasa Arab

Resi Agustien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil pembelajaran luring dan daring berdasarkan analisis hasil perolehan nilai belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian komparatif. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran luring dan daring selesai dilaksanakan di semester yang berbeda. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PAI FITK IBN Tegal tingkat satu tahun akademik 2019/2020 berjumlah 51 mahasiswa dan mahasiswa tingkat satu tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 37 mahasiswa. Total sampel 88 mahasiswa. Mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat satu karena mata kuliah yang dijadikan objek penelitian berada di tingkat satu. Data penelitian yang dikomparasikan adalah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab 1 yang mencakup empat komponen penilaian yaitu nilai kehadiran, tugas, UTS, dan UAS yang diperoleh selama pembelajaran daring tahun akademik 2019/2020 dan pembelajaran luring tahun akademik 2020/2021. Data nilai yang ada lalu dianalisa dengan teknik analisa uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan perolehan nilai hasil pembelajaran luring dan daring dengan selisih nilai 06,58. Berdasarkan pada hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara luring menghasilkan nilai mata kuliah bahasa Arab yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran daring.

 

Kata kunci: Pembelajaran daring, pembelajaran luring, studi komparasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.26747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id