Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Mahasiswa BIPA Tingkat 1: Perspektif Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan mahasiswa BIPA tingkat 1 dari perspektif kognitif yang meliputi aspek pemahaman, ketepatan, dan kesesuaian. Membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing karena menjadi landasan bagi penguasaan kemampuan berbahasa yang lebih kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan kepada tujuh mahasiswa BIPA tingkat pemula. Tes ini dirancang untuk mengukur sejauh mana mahasiswa mampu memahami isi teks sederhana, melafalkan kata dengan benar, serta menyesuaikan makna bacaan dengan konteks kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan mahasiswa BIPA bervariasi, dengan sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sedang hingga cukup. Aspek pemahaman menjadi faktor paling dominan dalam menentukan keberhasilan membaca, ditunjukkan oleh mahasiswa yang memiliki pemahaman baik dan mampu mengenali informasi penting dalam teks. Sementara itu, aspek ketepatan memperoleh nilai relatif rendah akibat pengaruh sistem fonologi bahasa ibu yang berbeda dari bahasa Indonesia. Aspek kesesuaian juga menunjukkan variasi nilai, mencerminkan perbedaan kemampuan mahasiswa dalam mengaitkan makna antar kalimat. Hasil ini sejalan dengan teori kognitif yang menekankan bahwa membaca melibatkan proses mental yang kompleks, mencakup pengenalan simbol, asosiasi makna, dan penalaran kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang memperkuat kemampuan kognitif mahasiswa melalui latihan membaca yang kontekstual dan bertahap agar kemampuan membaca permulaan dapat berkembang secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272-279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653.
Amruddin, Nugroho, H., Sulaiman, S., Iljasmadi, NurWahyuni, Fata, N., Ismail, J. K., Helendra, Johan, H., Widayati, I. A., Pasaribu, P. N., Siregar, P., Mulyana, S., Balukh, S. D., Sungkawati, E., Sartika, D., Ummami, W., Rinda, R. T., & Padakari, S. L. (2022). Pengantar Manajemen (Konsep dan Pendekatan Teoretis). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2020). Metode Membaca Permulaan yang Menyenangkan dengan Jolly Phonics. Jurnal Pena Ilmiah, 6(1), 35-50. https://doi.org/10.17 509/jpi.v6i1.65378.
Brown, H. D. (2019). Principles of Language Learning and Teaching (7th Ed.). New York: Pearson Education.
Dalman. (2018). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Fadila, N. (2025). Analisis Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Membaca Pemula. Jurnal Literasi Pendidikan Bahasa, 9(1), 44–56.
Fitria, T. N. (2023). Introducing Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA): Method and Challenges of Teaching Indonesian as A Foreign Language (IFL). Inovasi Kurikulum, 20(2), 205-224. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.60374.
Heriyawati, D. F., Saukah, A., & Widiati, U. (2018). Working Memory Capacity, Content Familiarity, and University EFL Students’ Reading Comprehension. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1), 21–27. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11458.
Heryanti, V. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Tradisional (Congklak). (Skripsi Sarjana, Universitas Bengkulu).
Kusmiatun, A., Suyitno, I., & Saddhono, K. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jakarta: Rajawali Pers.
Landerl, K. (2022). Cognitive Factors in Reading Acquisition: Implications for Second Language Learners. Journal of Language Learning Research, 15(3), 301–318.
Maulida, U., & Zakaria, Z. (2021). "One Day One Dongeng" sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Membaca Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 122-134. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.9.2.50-62.
Muammar, M. (2020). Membaca Permulaan dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 22–30.
Muliastuti, L. (2016). Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.
Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), 85-91.
Nurjannah, S. (2020). Strategi Pembelajaran Membaca dalam Program BIPA Tingkat Pemula. Penutur Asing (BIPA): Konsep dan Strategi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 12–21.
Popescul, L. F., & Jitaru, L. (2017). Research Methods Used in Studies on Management and International Affairs. Journal of Public Administration, Finance & Law, 11(1), 157-162.
Prijana, P., Kamilia, D., Alya, E., & Amaranti, F. (2023). Hubungan Prestasi Akademik Mahasiswa dengan Kemampuan Baca. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 14(2), 15-123. https://doi.org/10.20885/jstl.vol14.iss2.art5.
Putri, A. R. D. (2025). Model Pembelajaran BIPA untuk Menguatkan Identitas Budaya dan Nasionalisme bagi Anak Diaspora. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1424-1444
Rachman, A. K., Effendi, D. I., Imam, H., Suardana, I. P. O., Rahmawati, I. Y., Febriani, & Suyitno, I. (2023). Dimensi Pembelajaran BIPA Dalam Berbagai Perspektif.
Rahmawati, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 201–210.
Rismawati, A. E., & Rahmawati, L. E. (2025). Strategi Kontekstual dalam Pengajaran BIPA untuk Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Peserta Didik Asing. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, 1(1), 145-152. https://proceeding.umsu.ac.id/index.php/sebipa/article/view/1070.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272.
Salim, B. R. A. (2020). Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Asing di Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Unair, Skriptarium, 1(3), 48-56. https://journal.unair.ac.id/SKRIP@kemampuan-berbahasa-indonesia-mahasiswa-asing-article-6702-media-45-category-.html.
Salsabila, S. S., & Gumiandari, S. (2024). Pendekatan Kontruktivis Sosial dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2(3), 456-464. https://jutepe-joln.net/index.php/JURPERU/article/view/609.
Shofia, N. K., & Suyitno, I. (2020). Problematika Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing. Basindo, 4(2), 204-214. https://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p204-214.
Suyitno, I. (2008). Hakikat dan Tujuan Pembelajaran BIPA. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 45–56.
Suyitno, I. (2015). Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 11–22.
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2017). Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning, 3(2), 175–190. https://doi.org/10.22492/ijll.3.2.08.
Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48. https://www.neliti.com/publications/118623/peningkatan-kemampuan-membaca-permulaan-melalui-pemanfaatan-multimedia#cite.
Ulumuddin, A., & Wismanto, R. (2014). Proses Pemerolehan Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Linguistik Terapan, 3(2), 50–59.
Utama, A. W., Rohim, F. N., Tiranita, G., Prihartanti, N., & Saddhono, K. (2024). Inovasi dalam Pembelajaran BIPA: Pemanfaatan Dodol Garut sebagai Pengajaran Kuliner yang Menarik. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 20-31. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.20-31.
Wahyuni, R., & Sari, P. (2021). Aspek Kognitif dalam Keterampilan Membaca Mahasiswa BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Budaya, 11(3), 211–224.
Wardhani, A., Suharto, & Mariani, D. (2019). Keterampilan Membaca dalam Perspektif Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 88–96.
Widyaningrum, D. (2019). Motivasi Membaca dan Strategi Kognitif Mahasiswa BIPA. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Bahasa, 5(1), 33–45.
Yulianti, U., Alviani, D., Melasarianti, L., & Sholikhati, N. (2024). Pengembangan E-Book Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing untuk Meningkatkan Literasi Mahasiswa Asing. Jurnal Pendidikan, 4(6), 257-268. https://doi.org/10.52436/1.jpti.469.
Zamzami, M. A., & Zamzami, M. R. A. (2025). Peran Strategi Metakognitif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 5(1), 415-421. https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.6747.
DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.2.75-83
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).
