PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIMANGGU DENGAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN BERDASARKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR
Evi Chamalah, Deni Pirmansah
Abstract
Menulis sastra, termasuk menulis naskah drama, merupakan kegiatan menulis kreatif yang melibatkanberbagai faktor. Namun, kemampuan siswa dalam menulis naskah drama sering kali belum maksimal,baik karena faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan teknikmembuat kerangka tulisan berbasis media cerita bergambar, dan (2) mengidentifikasi perubahanperilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik tersebut.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam duasiklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Cimanggu.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes, dengan analisis data menggunakanpendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikandalam kemampuan siswa menulis naskah drama, dengan rata-rata nilai yang mencapai target minimalyang ditetapkan, yaitu 70-200 kata.
Keywords
Menulis; Naskah Drama; Kerangka Tulisan; Media Cerita Bergambar