E-MODUL METOPEN BERBASIS HYBRID LEARNING DENGAN SCAFFOLDING: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI MENULIS
Abstract
Keterampilan menulis ilmiah menjadi penting ketika pada abad 21 ini tuntutan zaman menghadapi tantangan di masa depan. E-modul berbasis hybrid learning dengan pendekatan scaffolding dirancang sebagai inovasi pembelajaran yang mengintegrasikan metode tatap muka dan e-learning untuk meningkatkan keterampilan literasi menulis ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Metodologi Penelitian (Metopen) berbasis hybrid learning dengan teknik scaffolding sebagai upaya peningkatan keterampilan literasi menulis ilmiah mahasiswa. Hybrid learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka, sedangkan scaffolding adalah teknik pendukung yang membantu mahasiswa dalam memahami materi secara bertahap. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Gotong Royong Masohi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes keterampilan menulis ilmiah. Kontribusi utama dari penelitian ini terletak pada pengisian kesenjangan dalam literatur pembelajaran Metopen dengan menyediakan bahan ajar digital yang valid, praktis, dan efektif, yang sebelumnya belum banyak dikembangkan khususnya dengan pendekatan hybrid learning dan scaffolding. Secara praktis, E-Modul ini dapat diakses secara mudah melalui link yang disediakan, sehingga memberikan kemudahan akses pembelajaran bagi mahasiswa. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa pengembangan E-Modul ini dapat dijadikan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Metopen di berbagai institusi pendidikan, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan literasi menulis ilmiah mahasiswa secara signifikan. Oleh karena itu, implementasi E-Modul ini dapat mendukung transformasi digital dalam pendidikan serta meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adriani, D., Lubis, P. K. D., & Triono, M. A. A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 27-36. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p027.
Ahmed Abdel-Al Ibrahim, K., Cuba Carbajal, N., Zuta, M. E. C., & Bayat, S. (2023). Collaborative Learning, Scaffolding-Based Instruction, and Self-Assessment: Impacts on Intermediate EFL Learners’ Reading Comprehension, Motivation, and Anxiety. Language Testing in Asia, 13(1), 1-33. https://link.springer.com/article/10.1186/s40468-023-00229-1.
Arifin, I., Harpiani, S., & Nugraha, M. I. (2023). Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik di Sekolah Dasar: Sistematics Literaturer Review. Celebes Journal of Elementary Education, 1(1), 28-37. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3450?d=1.
Azlin, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan CTL pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 7(2), 279-288. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/10753.
Dafittra, F., & Putri, A. H. (2023). Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 667–674. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528.
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210. https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17315.
Fauzia, F. I., Salamah, I. S., Hakim, R. T., & Zulfikar, M. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Model dan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1370–1384. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2170.
Ferinda, S. M. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Jojo Siaga untuk Menstimulasi Pemahaman Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5-6 Tahun (Tesis Diploma, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/308115.
Feubli, P., MacKevett, D., & Schwarz, J. (2024). Hybrid Teaching and Learning: A Conjoint Analysis of Student Preferences in Online and Onsite Scenarios. Journal of Computer Assisted Learning, 40(2), 761–774. https://doi.org/10.1111/jcal.12913.
Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11-22.
Haningsih, S., & Rohmi, P. (2022). The Pattern of Hybrid Learning to Maintain Learning Effectiveness at the Higher Education Level Post-COVID-19 Pandemic. European Journal of Educational Research, 11(1), 243–257. https://eric.ed.gov/?id=EJ1329545.
Hendri, M., Tahir, M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Komik Cerita Anak terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 1 Kediri Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 852-858.
Hidayati, L., Amalyaningsih, R., Ningrum, A. W., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respons Peserta Didik terhadap Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 155–160. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/43964.
Imaroh, R. D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Reading Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Literasi Ilmiah Peserta Didik MTS Kelas VIII di MTsN 4 Ponorogo (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo).
Indarwati, R., & Arif, S. (2021). Analisis Komparasi Kemampuan Menulis Ilmiah Peserta Didik Ditinjau dari Model Pembelajaran Proyek yang Dipadukan dengan Klinik Literasi Sains pada Tema COVID-19. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 261-276.
Julianto, I. R. (2023). Teknik Akrostik sebagai Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 10(1), 44–56.
Jumarniati, J., & Ekawati, S. (2022). Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Hybrid Learning. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 198–206. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.242.
Li, M. (2022). Learning Behaviors and Cognitive Participation in Online-Offline Hybrid Learning Environment. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 17(1), 146-159. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i01.28715.
Mahardika, A. I., Purba, H. S., & Permana, A. (2022). The Development of Web-Based Interactive Learning Media on Static Electricity Materials With Tutorial Model. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 5(1), 1-18. https://doi.org/10.37891/kpej.v5i1.220.
Marizal, Y., & Asri, Y. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 135–152. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.343.
Nur, S. A., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sumber Belajar Muatan IPS bagi Peserta Didik Kelas 5. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 8(1), 120–137. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.939.
Qotimah, I. Q. (2022). Kriteria Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(2), 125–131.
Raes, A. (2022). Exploring Student and Teacher Experiences in Hybrid Learning Environments: Does Presence Matter? Postdigital Science and Education, 4(1), 138–159. https://link.springer.com/article/10.1007/s42438-021-00274-0.
Ruswan, A., Rosmana, P. S., Najayanti, N., Husna, M., Nurhikmah, I., Irsalina, S., Azahra, R., & Faqih, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 97–105.
Safitri, A., & Rohmah, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Materi Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 83-93. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.5-13.
Serevina, V., Nugroho, D. A., & Lipikuni, H. F. (2022). Improving The Quality of Education Through Effectiveness of E-Module Based on Android for Improving The Critical Thinking Skills of Students in Pandemic Era. MOJEM: Malaysian Online Journal of Educational Management, 10(1), 1–20. https://jml.um.edu.my/index.php/MOJEM/article/view/34509.
Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Penerbit Cakra.
Supardam, D., & Kuntadi, C. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Dosen PPIC dalam Menulis Artikel Ilmiah: Literasi, Confident, dan Experience. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 671–677.
Thamrin, T., Hutasuhut, S., Aditia, R., & Putri, F. R. (2022). The Effectiveness of the Hybrid Learning Materials with the Application of Problem Based Learning Model (Hybryd-PBL) to Improve Learning Outcomes during the COVID-19 Pandemic. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(1), 124–134. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i1.178.
Wahyuni, A. D. (2022). Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII A SMPN 17 Kota Jambi (Skripsi Sarjana, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33016.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.1.77-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).